hit counter

Star Wars: Perbedaan Sith dan Inquisitor!

[ad_1]

Star Wars merupakan waralaba multimedia yang salah satu fokus utamanya adalah konflik antara para pengguna Force, Sith dan Jedi. Berbagai tayangannya sendiri sering menggambarkan Jedi sebagai para pengguna light side of Force yang berada di sisi baik. Sedangkan Sith adalah kebalikannya, mereka adalah para pengguna dark side of Force yang sering berbuat kejahatan di galaksi. Menariknya, dalam serial Obi-Wan Kenobi yang tayang hari ini, muncul satu kelompok pengguna force lain, yaitu Inquisitor.

Berdasarkan lightsaber merah yang mereka gunakan, cukup jelas bahwa para Inquisitor ini berada di sisi dark side bersama para Sith. Meskipun mereka terhubung secara organisasi, tetapi sebenarnya Inquisitor sama sekali berbeda dengan para Sith Warrior seperti Emperor Palpatine dan Darth Vader. Apa yang membedakan para Inquisitor ini dengan Sith di semesta Star Wars? Untuk mengetahui jawabannya, simak pembahasannya di bawah ini, Geeks!

Sith Adalah Sebuah Ajaran di Star Wars

Sith atau Sith Order pada dasarnya adalah sebutan untuk pengguna Force dark side yang menggambarkan kelompok mereka sebagai sebuah sekte. Sebagai kebalikan dari para Jedi, Sith hanya mempunyai satu tujuan dalam hidupnya, yaitu kekuatan. Dan demi mencapai hal tersebut mereka tidak akan segan-segan untuk melakukan perbuatan kotor dan jahat. Dan dengan obsesi gilanya tersebut, para Sith selalu memperlihatkan ciri-ciri yang pada dasarnya selalu sama. Mereka sering terlihat mempunyai perasaan yang penuh kebencian, keserakahan dan juga kemarahan.

Meskipun awalnya sempat ada banyak Sith dalam sekali waktu, tetapi hal tersebut menjadi sangat terlarang setelah Darth Bane menerapkan aturan Rule of Two di sekte Sith Order. Bane menegaskan setelah eranya hanya boleh ada dua Sith saja dalam sekali waktu, Sith Master dan Sith Apprentice. Itulah mengapa sampai saat ini kita umumnya hanya bisa melihat dua Sith saja dalam setiap kisah Star Wars. Sebagai contoh, pada era Galactic Empire yang menjadi Sith Master-nya adalah Emperor Palpatine, sementara Darth Vader berperan sebagai muridnya.

BACA JUGA: Misteri Stranger Things yang Belum Terjawab!

Dan karena serial Obi-Wan Kenobi berlangsung pada masa kejayaan Galactic Empire, Rule of Two berlaku kepada para Sith-nya. Emperor Palpatine dan Darth Vader adalah sosok Sith yang telah menghantui galaksi untuk waktu yang lama. Dan untuk mencapai hal tersebut tentunya mereka mebutuhkan bantuan dari para pengguna Force lain untuk membasmi para Jedi yang relatif jumlahnya lebih banyak. Karena itulah Palpatine mulai memprakarsai program Inquisitorius untuk ‘menciptakan’ para Inquisitor. Namun, Palpatine dan Vader sendiri tidak mengakui para Inquisitor ini sebagai bagian dari sekte maupun hierarki Sith.

Inquisitor adalah Antek Sith

Seperti yang kita bahas di atas, para Inquisitor sendiri terlahir dari rencana Emperor Palpatine dan Darth Vader yang ingin membasmi para Jedi. Karena Jedi tidak menganut Rule of Two, tentu saja jumlah mereka jauh lebih banyak dari para Sith yang hanya terdiri dari satu master dan satu apprentice. Dengan program Inquisitorius, Palpatine dan Vader berharap mereka bisa lebih unggul secara jumlah, sambil mengurangi jumlah Jedi di galaksi. Pada titik inilah banyak para pengguna baru Force dark side terlahir dengan sebutan Inquisitor, baik di serial animasi Rebel maupun yang terbaru di Obi-Wan Kenobi.

Di bawah perintah para Sith, para Inquisitor ini hanya boleh mengabdikan dirinya pada Galactic Empire. Berbeda dengan Sith yang bebas melakukan apa pun sesuka mereka, selama tetap berbuat demi keuntungan sekte Sith. Satu-satunya tujuan yang Sith berikan kepada para Inquisitor ini hanyalah membasmi para Jedi, itupun harus sesuai dengan arahan Darth Vader. Ciri-ciri lain yang membedakan mereka dari para Sith adalah fakta bahwa meskipun mereka bisa menggunakan Force, tetapi mereka tidak mempunyai kekuatan yang cukup untuk menantang seorang Sith Master ataupun Sith Apprentice.

Sejauh ini ada tiga Inquisitor yang pasti muncul di serial Obi-Wan Kenobi, termasuk sang pemimpin Grand Inquisitor, kemudian Third Sister, dan Fifth Brother. Menariknya, Palpatine bahkan mendesain para Inquisitor ini agar tidak bisa memberontak padanya meskipun Vader menyuruh mereka. Itulah yang membedakan Sith dan Inquisitor. Meskipun mereka sama-sama pengguna Force dark side, tetapi para Inquisitor lebih seperti antek yang tidak termasuk ke dalam sekte Sith Order.

[ad_2]

Source by [author_name]