Stranger Things: Vecna Kendalikan Mind Flayer?

Serial Stranger Things season 4 Volume 1 baru saja mengungkap beberapa fakta menarik tentang Upside Down. Selain waktu yang sama sekali tidak berlaku, ternyata di dalam Upside Down juga tersebar tentakel atau akar yang menjalar. Akar-akar tersebut berfungsi untuk memberi tahu ‘pemilik’ Upside Down tentang apa yang tengah terjadi di setiap penjuru daerahnya. Namun, siapa sebenarnya pemilik dari Upside Down?

Di season sebelumnya terlihat bahwa sosok terbesar yang ada di Upside Down adalah Mind Flayer. Sejak saat itu banyak penggemar yang mengira bahwa dia adalah bos dari dunia gaib tersebut. Dengan kekuatan telekinesis dan telepatinya, Mind Flayer terbukti bisa mengendalikan pikiran orang lain dari Upside Down. Di Battle of Starcourt, dia bahkan bisa menciptakan monster yang mirip seperti dirinya di dunia nyata. Namun, setelah baru-baru ini season 4 memperkenalkan monster yang lebih kuat bernama Vecna. Muncul pertanyaan, apakah Vecna adalah bos Upside Down yang sebenarnya?

Terhubung dengan Dunia Nyata

Tidak lama setelah Vecna menyebabkan teror di dunia nyata, Dustin menganggap bahwa dia adalah salah satu jenderal bintang Mind Flayer. Seperti yang kita tahu, Mind Flayer sendiri adalah monster yang bisa mengendalikan pikiran jika ada sebuah gerbang Upside Down yang terbuka. Namun, tidak ada satu pun kekuatannya yang terbukti bisa menciptakan gerbang sendirian. Lain halnya dengan Vecna, dia justru bisa menciptakan gerbang baru menggunakan korban yang telah dia bunuh. Mungkin hal tersebut bisa terjadi karena Vecna adalah monster yang mempunyai hubungan langsung dengan dunia nyata.

Twist terbesar dari ending season 4 Volume 1 sendiri telah mengungkap bahwa awalnya Vecna adalah seorang manusia. Dia adalah Henry Creel alias Number One yang mempunyai kekuatan psikis sejak dirinya masih kecil. Ibunya yang mengetahui bahwa Henry mempunyai sifat dan juga kekuatan yang aneh, kemudian melaporkan dia ke Dr. Brenner alias Papa. Mirisnya, hal tersebut justru membuat Henry makin menggila dengan membunuh ibu dan saudarinya. Sampai akhirnya dia menjadi kelinci percobaan pertama Brenner yang bernama Number One di Hawkins Lab.

BACA JUGA: Para Karakter yang Selamat dari Pukulan Saitama!

Bertahun-tahun kemudian setelah dia berhasil melepas diri dari cengkraman Brenner berkat pertolongan Eleven, One kemudian mengungkapkan watak aslinya kepada El. Dia membantai semua orang di Hawkins Lab, dari mulai anak-anak berkekuatan super lain sampai para pegawainya. Di mana hal tersebut justru membuat El marah dan mengirim One ke Upside Down. Pada titik inilah dia berubah menjadi monster Vecna dengan wujud yang jauh lebih mengerikan. Dia kemudian kembali lagi di season 4 sebagai monster yang memangsa remaja dengan mental yang tidak stabil.

Lebih Superior dari Mind Flayer

Sejarahnya yang mempunyai hubungan dengan dunia nyata, secara tidak langsung telah mengisyaratkan Vecna sebagai sumber teror yang selama ini terjadi di serial Stranger Things. Sehingga cukup masuk akal jika pada akhirnya banyak penggemar yang menganggap Vecna sebagai sosok penguasa lain di Upside Down. Ada kemungkinan Vecna dan Mind Flayer sebenarnya mempunyai agendanya sendiri. Tidak seperti perkiraan Dustin yang menyatakan bahwa Vecna adalah jenderal bawahan Mind Flayer. Sebaliknya, Vecna justru mungkin berusaha untuk menjadi penguasa baru di Upside Down.

Jika teori ini benar, bukan tidak mungkin nantinya season 4 Volume 2 akan mengungkap bahwa Vecna adalah sosok yang mengendalikan Mind Flayer. Dan Mind Flayer sendiri adalah salah satu antek Vecna yang berguna untuk menguasai dunia. Sejak Awal Vecna sendiri memang mempunyai pemikiran untuk membasmi para manusia yang menurutnya seperti hama. Dan dengan Mind Flayer di sisinya, dia dapat dengan lebih mudah mencapai tujuannya. Mengingat kekuatannya yang bisa menciptakan gerbang Upside Down, sepertinya tidak mustahil jika Mind Flayer pada akhirnya memilih untuk tunduk kepadanya.

Terlepas dari kebenarannya nanti, yang jelas sekarang cukup aman untuk menyimpulkan bahwa Vecna dan Mind Flayer ‘bersekutu’ agar bisa menguasai dunia nyata. Dengan ancaman yang sangat besar ini, sepertinya El dan teman-temannya harus menemukan cara agar bisa mengalahkan Vecna dan Mind Flayer sekaligus. Karena jika salah satu dari mereka masih hidup, ancaman dari Upside Down akan terus berlanjut. Bagaimana menurut kalian, Geeks, siapa bos sebenarnya di Upside Down? Jawaban pastinya akan kita temukan di serial Stranger Things season 4 Volume 2 pada tanggal 1 Juli nanti.



Source by [author_name]