Tips merencanakan biaya pendidikan anak sejak dini

[ad_1]

Tentunya semua orang tua ingin anaknya mendapatkan pendidikan yang terbaik dengan fasilitas dan pengajaran yang berkualitas. Namun, tidak semua orang tua memiliki kemampuan finansial yang mapan.

Ricky Alexander Samosir, selaku Public Relations Manager Qoala mengatakan, “Rata-rata biaya pendidikan di Indonesia meningkat sekitar 15% hingga 20% per tahun. Oleh karena itu, sebaiknya orang tua merencanakan pendidikan anaknya sedini mungkin, agar masa depan pendidikan anaknya lebih terjamin.

Perencanaan keuangan untuk pendidikan anak juga berfungsi sebagai bentuk antisipasi terhadap risiko keuangan yang mungkin timbul saat anak berada di sekolah. Berikut ini adalah salah satu cara untuk mempersiapkan pendidikan anak di masa depan.

"pendidikan anak"

Penetapan lembaga pendidikan

Prinsip perencanaan pendidikan sebenarnya adalah memberikan akses pendidikan yang terbaik bagi anak-anak, jadi tidak ada salahnya menentukan lembaga pendidikan mana yang akan mereka masuki sejak awal.

Namun, orang tua juga harus memberikan kebebasan kepada anaknya untuk memilih. Pasalnya, pendidikan yang berhasil tentu bersumber dari minat dan bakat anak.

Menyiapkan anggaran pendidikan

Biaya pendidikan merupakan bagian penting dari perencanaan keuangan. Setidaknya saat menentukan anggaran pendidikan, orang tua dapat membuat perkiraan terlebih dahulu mengenai besaran biaya yang akan dikeluarkan.

Dari perkiraan tersebut, akan lebih mudah untuk memperkirakan pengeluaran pendidikan untuk menentukan sumber pembiayaan. Jangan lupa untuk memperkirakan kemungkinan inflasi atau perubahan biaya pendidikan di masa mendatang.

Menyiapkan dana pendidikan anak

Setelah menentukan anggaran, orang tua tentunya harus menyiapkan dana untuk pendidikan. Salah satu cara yang paling efektif adalah dengan membuka rekening tabungan pendidikan untuk anak. Dengan cara ini, orang tua lebih mudah untuk membagi biaya pendidikan dalam jangka pendek dan panjang.

Selain dalam bentuk uang, orang tua juga bisa berinvestasi di tabungan emas, mengikuti program asuransi pendidikan, atau mendaftar di reksa dana yang suatu saat bisa diambil sesuai kebutuhan.

Gunakan asuransi kesehatan dan jiwa untuk melindungi keuangan Anda

Sebagai pencari nafkah, orang tua harus memiliki asuransi kesehatan dan dilengkapi dengan asuransi jiwa. Hal ini untuk memastikan bahwa jika terjadi risiko kesehatan/kematian yang tidak terduga, masa depan anak dapat terlindungi, termasuk secara finansial.

"pendidikan anak"

Qoala, sebagai perusahaan insurtech, bekerja sama dengan broker asuransi PT Mitra Jasa Pratama dan sejumlah perusahaan asuransi terkemuka, untuk mengembangkan produk asuransi terbaik mulai dari manfaat jiwa, kesehatan, mobil hingga uang tunai.

Qoala menyediakan layanan penawaran polis digital yang mudah melalui website dan aplikasi Qoala, yang dapat membantu pelanggan memilih dan membandingkan berbagai produk asuransi untuk mendapatkan pilihan terbaik dengan harga dan proses premi yang terjangkau.Pendaftaran dan pembelian cepat dalam hitungan menit tanpa perlu survei.

Qoala juga memiliki penasihat asuransi yang siap membantu Anda menjelaskan dan menemukan asuransi jika diperlukan. Pelanggan tidak perlu khawatir dengan proses klaim, semuanya bisa dilakukan melalui aplikasi dan tim Qoala akan siap membantu.

Baca Juga: DANA Naikkan Limit Saldo dan Dukung Kebijakan Bank Indonesia