mengecek kolesterol di puskesmas

Biaya Mengecek Kolesterol di Puskesmas

Gogandul.com ♠ Saat ini, orang-orang yang membutuhkan perawatan untuk menyembuhkan penyakitnya semakin banyak yang memilih puskesmas. Alasannya sederhana, tarif pengobatan atau perawatan yang lebih murah dan terjangkau jika dibandingkan dengan rumah sakit atau klinik, sehingga membuat masyarakat banyak yang terbantu diantaranya untuk mengecek kolesterol di puskesmas.

Jangan khawatir untuk kualitasnya, soalnya saat ini petugas kesehatan di puskesmas juga semakin berkualitas sehingga kesehatan masyarakatnya juga semakin berkualitas. Hampir tiap kecamatan dan kabupaten sekarang sudah ada dan sudah didukung oleh fasilitas yang modern dan dokter ahli, jadi untuk mengecek kolesterol di puskesmas pasti hasilnya akurat.

Sebenarnya kolesterol adalah lemak yang bermanfaat bagi tubuh. Akan tetapi jika kadar dalam tubuh terlalu tinggi, kolesterol akan menumpuk di pembuluh darah sehingga akan mengganggu aliran darah. Maka alangkah baiknya selalu rutin melakukan pengecekan kolesterol agar dapat lebih dini diketahui penyakit yang timbul.

Biaya mengecek kolesterol di puskesmas

Tingkat perawatan medis saat ini di puskesmas bervariasi sesuai dengan kebijakan masing-masing daerah dan juga puskesmas terkait. Namun, biaya rata-rata layanan ini di setiap puskesmas relatif murah.

Untuk peserta BPJS biaya pengecekan gratis, baik itu BPJS mandiri ataupun yang dari pemerintah. Soalnya untuk BPJS mandiri setiap bulannya sudah membayar iuran BPJS jadi buat apa membayar biaya bulanan kalau di puskesmas masih harus membayar.

Berikut biaya cek kolesterol di puskesmas, tentunya tiap daerah berbeda-beda semua tergantung kebijakan masing-masing puskesmas.

Cek Darah Lengkap : 35.000

Cek Golongan Darah : 10.000

Cek Hemoglobin : 10.000

Cek Asam Urat : 20.000

Cek Kolesterol Total : 20.000

Cek HDL Kolesterol : 20.000

Cek LDL Kolesterol : 20.000

Sebelum melakukan pengecekan kolesterol di puskesmas, kamu diharuskan berpuasa selama 10 jam sebelum mengambil sampel darah di puskesmas, Jika mau periksa jam 08.00 pagi, maka  terakhir makan nasi adalah jam 10 malam.

Berpuasa sebelum melakukan pengecekan darah ini dimaksudkan agar hasilnya lebih akurat dan diketahui apa saja kekurangan dalam diri kita.

Cara mengecek kolesterol di puskesmas

Berikut ini prosedur pengecekan atau berobat di puskesmas

  1. Daftar terlebih dahulu di loket dan akan diberikan nomor antrian
  2. Menunggu di panggil di ruang tunggu
  3. Setelah dipanggil maka masuk ke laboratorium atau ruangan pengecekan
  4. Tunggu hasilnya nanti dokter atau petugas akan membacakan hasilnya
  5. Selesai

Itulah biaya dan prosedur mengecek kolesterol di puskesmas, semoga bermanfaat dan kita selalu diberikan kesehatan sampai akhir hayat kita.

Gambar Gravatar
Blogger Pemula yang suka main PES 2017