Black Adam Kenalkan “Vibranium” versi DCEU?

Apa logam paling kuat di DC Extended Universe? Sementara MCU dari Marvel mempunyai vibranium sebagai logam terkuatnya, sampai sekarang DC sendiri masih belum memperkenalkan versi mereka di DCEU. Padahal di DC Comics sendiri ada banyak logam yang terkenal sangat kuat dan bahkan jauh lebih ‘ajaib’ dari vibranium. Salah satunya adalah ‘Nth Metal’ yang sering digunakan oleh para manusia super DC. Termasuk oleh para anggota JSA yang sebentar lagi akan melakukan debut DCEU-nya di film Black Adam.

JSA, atau Justice Society of America adalah tim superhero tertua yang terdiri dari para superhero veteran. Menariknya ada empat anggota JSA yang akan muncul di film Black Adam, mereka adalah Hawkman, Doctor Fate, Cyclone, dan Atom Smasher. Kehadiran mereka inilah yang tampaknya akan memperkenalkan Nth Metal di DCEU. Karena hampir semua perlengkapan Hawkman dan Doctor Fate di komiknya terbuat dari logam yang satu ini. Apa sebenarnya Nth Metal dan seperti apa kehebatannya? Langsung saja simak pembahasannya di bawah ini, Geeks!

Logam Kuat Yang Paling Sering Muncul di DC Universe

Nth Metal atau yang sering disebut juga Ninth Metal, adalah logam spesial di DC Universe yang kekuatannya hanya satu tingkat di bawah Element X. Karena Element X lebih mirip seperti mitos, pada akhirnya Nth Metal mempunyai kedudukan khusus di mata para manusia super. Logam berwarna emas ini pertama kali muncul di Flash Comics #1 (1940), tepatnya di kisah ‘The Origin of Hawkman‘ karya Gardner Fox dan Dennis Neville. Pada dasarnya Nth Metal adalah logam yang hanya dapat ditemukan di planet Thanagar, rumah bagi Katar Hol dan Shayera Thal alias Hawkman dan Hawkwoman asli di DC Universe.

Black Adam Kenalkan “Vibranium” versi DCEU?, Greenscene

Pada zaman Mesir kuno, sebuah pesawat Thanagarian yang sepenuhnya terbuat dari Nth Metal tiba-tiba jatuh di Bumi dan ditemukan oleh Prince Khufu dan Chay-Ara. Pada titik inilah Khufu dan Ara yang pertama kali terpapar Nth Metal, menjadi awal dari siklus reinkarnasi Hawkman dan Hawkgirl di muka Bumi. Termasuk akhirnya jatuh kepada reinkarnasi mereka yang hidup pada zaman modern, yaitu Cartel Hall dan Shiera Shaunder. Ciri-ciri dari Hawkman dan Hawkgirl ini dapat dengan mudah kita kenali dari armor, sayap, dan senjata berwarna emas yang terbuat dari Nth Metal.

Sejak saat itu mulai terungkap bahwa selain Hawkman dan Hawkgirl, ternyata ada banyak manusia super lain yang memanfaatkan potensi Nth Metal. Mulai dari anak Carter dan Shiera, yaitu Hector Hall, yang membuat armor dari Nth Metal dan menjadi superhero bernama Silver Scarab. Kemudian para anggota dari tim superhero masa depan, Legion of Super-Heroes, yang menjadikan cincin dari Nth Metal sebagai tanda keanggotaan. Sampai entitas kosmik Nabu the Wise yang menciptakan Helmet of Nabu dari Nth Metal untuk kemudian dipakai oleh Doctor Fate.

Membuat Penggunanya Menjadi Lebih Hebat

Alasan mengapa Nth Metal sangat populer di DC Universe adalah karena logam spesial ini memberikan sejumlah kekuatan tambahan kepada penggunanya. Fungsi utama dari Nth Metal sendiri adalah ‘meniadakan gravitasi’ sehingga penggunanya bisa terbang sesuka hati. Legion of Super-Heroes memanfaatkan kekuatan yang satu ini agar semua anggotanya bisa terbang. Selain untuk terbang, Nth Metal juga mempunyai sejumlah keajaiban lain bagi penggunanya. Seperti menghangatkan atau menyegarkan tubuh, mengatur emosi, memberikan kekuatan fisik super, dan kesadaran kosmik.

Black Adam Kenalkan “Vibranium” versi DCEU?, Greenscene

Yang tidak kalah menarik, Nth Metal juga seperti makhluk hidup yang dapat berubah bentuk dan menyesuaikan diri dengan tubuh penggunanya. Itulah mengapa senjata dan armor yang terbuat dari Nth Metal umumnya dianggap sebagai artefak yang paling ideal bagi para manusia super. Hebatnya lagi, Nth Metal juga ternyata dapat meniadakan pemisah antara dunia nyata dan dunia gaib. Sehingga pengguna Nth Metal bisa melihat dan bahkan melukai makhluk gaib di sekitarnya. Hal ini terbukti saat Batman menciptakan batarang dari Nth Metal untuk melawan hantu-hantu di Kota Gotham.

Nth Metal Pada Masa Depan DCEU

Sejauh ini memang belum ada pernyataan resmi terkait pengenalan Nth Metal di DCEU. Namun, kehadiran Kent Nelson/Doctor Fate dan Carter Hall/Hawkman di film Black Adam nanti membuka peluang untuk itu. Berdasarkan apa yang terlihat di trailernya, bahkan terlihat sangat jelas bahwa Doctor Fate dan Hawkman mengenakan armor dan senjata yang terbuat dari logam emas seperti Nth Metal. Jika benar itu adalah Nth Metal, tidak aneh mengapa Doctor Fate dan Hawkman tampak bisa terbang dengan mudah di filmnya.

Black Adam Kenalkan “Vibranium” versi DCEU?, Greenscene

Pengenalan Nth Metal di DCEU ini dapat mempermudah semestanya untuk lebih berkembang lagi. Para manusia super lain bisa memanfaatkan logam spesial ini untuk kebutuhan mereka, dan menjadikan Nth Metal sepopuler vibranium MCU atau bahkan lebih. Karena selain kuat, Nth Metal juga lebih spesial dengan sejumlah kekuatan tambahan bagi para penggunanya. Bisa kita bayangkan jika Nth Metal akhirnya menjadi elemen yang cukup esensial di DCEU, ke depannya akan lebih mudah bagi superhero lain untuk muncul, termasuk Hawkgirl, Silver Scarab, bahkan mungkin Legion of Super-Heroes.

Itulah pembahasan mengenai Nth Metal dan potensinya untuk muncul di DCEU melalui film Black Adam. Semoga saja saat filmnya tayang nanti, kita bisa melihat sekilas origin dari Doctor Fate dan Hawkman yang mengenakan senjata dan armor dari Nth Metal. Sehingga kita menjadi jauh lebih relate dengan para karakter di JSA, khususnya mereka berdua. Tidak hanya muncul sekilas di satu film DCEU kemudian menghilang begitu saja dari ingatan. Film Black Adam sendiri dijadwalkan untuk tayang di bioskop pada tanggal 21 Oktober nanti. Kita nantikan saja keseruannya ya, Geeks.



Source by [author_name]

Tinggalkan komentar