hit counter

Cara Mengatasi Aplikasi Yang Tidak Muncul Di Menu

Bagi pengguna smartphone, tentu sudah biasa dengan istilah aplikasi. Aplikasi atau yang lebih dikenal dengan sebutan app merupakan salah satu fitur penting di smartphone yang mempermudah pengguna dalam melakukan berbagai macam aktivitas, seperti chatting, browsing, hingga bermain game. Namun, terkadang pengguna mengalami masalah dimana aplikasi yang seharusnya ada di menu tiba-tiba menghilang. Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas cara mengatasi aplikasi yang tidak muncul di menu.

1. Cek Aplikasi Di App Drawer

Ketika aplikasi tidak muncul di menu, coba cek terlebih dahulu di app drawer (layar aplikasi). App drawer merupakan tempat menyimpan semua aplikasi yang ada di smartphone. Mungkin saja aplikasi yang hilang hanya terselip di antara aplikasi lainnya. Jika aplikasi tersebut ditemukan, tahan aplikasi tersebut dan pindahkan ke menu yang diinginkan.

App DrawerSource: bing.com

2. Cek Aplikasi Di Layar Beranda

Jika aplikasi tidak terdapat di app drawer, coba cek di layar beranda smartphone. Mungkin saja aplikasi tersebut dipindahkan ke layar beranda. Jika ditemukan, tahan aplikasi tersebut dan pindahkan ke menu yang diinginkan.

Layar BerandaSource: bing.com

3. Cek Aplikasi Di Folder

Beberapa pengguna smartphone biasanya menyimpan aplikasi dalam folder untuk mempermudah mencarinya. Coba cek di setiap folder yang ada di layar beranda. Jika aplikasi ditemukan, tahan aplikasi tersebut dan pindahkan ke menu yang diinginkan.

FolderSource: bing.com

4. Cek Di Aplikasi Setting

Jika cara di atas tidak berhasil, coba cek di aplikasi setting. Biasanya, ada aplikasi yang dapat disembunyikan di aplikasi setting. Cek bagian aplikasi yang tersembunyi di dalam aplikasi setting dan pastikan aplikasi yang hilang tidak ada di dalamnya.

Aplikasi SettingSource: bing.com

5. Cek Di Aplikasi Play Store

Jika aplikasi yang hilang merupakan aplikasi yang diunduh dari Play Store, coba cek di aplikasi Play Store. Pastikan aplikasi tersebut sudah terpasang di smartphone dan tidak dalam keadaan tertunda (pending). Jika dalam keadaan tertunda, segera lakukan instalasi.

Play StoreSource: bing.com

6. Restart Smartphone

Jika cara di atas tidak berhasil, coba restart smartphone. Kadang-kadang, masalah aplikasi yang tidak muncul di menu dapat diselesaikan dengan melakukan restart pada smartphone. Setelah restart, cek kembali apakah aplikasi yang hilang sudah muncul di menu.

Restart SmartphoneSource: bing.com

7. Clear Cache Aplikasi

Clear cache aplikasi dapat membantu memperbaiki masalah aplikasi yang tidak muncul di menu. Clear cache dapat dilakukan pada setiap aplikasi yang terdapat di smartphone. Caranya, masuk ke aplikasi setting, pilih aplikasi yang mengalami masalah, kemudian pilih clear cache.

Clear CacheSource: bing.com

8. Clear Data Aplikasi

Clear data aplikasi juga dapat membantu memperbaiki masalah aplikasi yang tidak muncul di menu. Namun, perlu diingat bahwa dengan clear data, semua data yang tersimpan pada aplikasi tersebut akan hilang. Caranya, masuk ke aplikasi setting, pilih aplikasi yang mengalami masalah, kemudian pilih clear data.

Clear DataSource: bing.com

9. Uninstall Aplikasi

Jika semua cara di atas tidak berhasil, coba uninstall aplikasi tersebut. Setelah itu, download kembali dari Play Store dan instal ulang aplikasi tersebut.

Uninstall AplikasiSource: bing.com

10. Factory Reset Smartphone

Jika semua cara di atas tidak berhasil, coba lakukan factory reset pada smartphone. Namun, perlu diingat bahwa dengan factory reset, semua data yang tersimpan pada smartphone akan hilang. Sebelum melakukan factory reset, pastikan backup semua data yang penting.

Factory ResetSource: bing.com

Demikianlah cara mengatasi aplikasi yang tidak muncul di menu pada smartphone. Pastikan melakukan langkah-langkah dengan hati-hati dan teliti untuk menghindari kesalahan yang dapat merusak smartphone.

Related video of Cara Mengatasi Aplikasi Yang Tidak Muncul Di Menu

Tinggalkan komentar