hit counter

Cara Mengatasi Bootloop Asus

Bootloop pada perangkat Asus merupakan masalah yang sering terjadi. Bootloop adalah kondisi di mana perangkat Android tidak bisa masuk ke menu utama dan terus-menerus melakukan proses restart. Bootloop bisa terjadi karena berbagai faktor seperti menginstal aplikasi yang tidak kompatibel atau melakukan update sistem yang tidak berhasil. Namun, jangan khawatir, berikut adalah cara mengatasi bootloop Asus.

1. Lakukan Wipe Cache Partition

Wipe Cache PartitionSource: bing.com

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi bootloop Asus adalah dengan melakukan wipe cache partition. Caranya adalah dengan mematikan perangkat Asus dan kemudian menekan tombol power dan volume down secara bersamaan. Setelah muncul logo Asus, lepaskan tombol power dan tetap tahan tombol volume down sampai masuk ke Recovery Mode. Pilih Wipe Cache Partition dan tunggu hingga selesai. Setelah itu, reboot perangkat Asus.

2. Lakukan Factory Reset

Factory ResetSource: bing.com

Jika wipe cache partition tidak berhasil, langkah selanjutnya adalah melakukan factory reset. Namun, sebelum melakukan factory reset, pastikan semua data penting sudah di backup terlebih dahulu. Caranya adalah dengan masuk ke Recovery Mode seperti pada langkah pertama dan pilih opsi Wipe Data/Factory Reset. Tunggu hingga selesai dan reboot perangkat Asus.

3. Flash Firmware Asus

Flash Firmware AsusSource: bing.com

Jika wipe cache partition dan factory reset tidak berhasil, langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan flashing firmware Asus. Caranya adalah dengan mengunduh firmware Asus yang sesuai dengan tipe perangkat Anda dari situs resmi Asus. Kemudian, masuk ke Recovery Mode dan pilih opsi Install From SD Card. Pilih firmware Asus yang sudah diunduh dan tunggu hingga selesai. Setelah itu, reboot perangkat Asus.

Kesimpulan

Bootloop pada perangkat Asus bisa diatasi dengan tiga langkah yaitu wipe cache partition, factory reset, dan flashing firmware Asus. Namun, sebelum melakukan langkah-langkah tersebut, pastikan semua data penting sudah di backup terlebih dahulu. Semoga informasi ini bermanfaat.

Related video of Cara Mengatasi Bootloop Asus

Tinggalkan komentar