Cara Mengatasi Komputer Muncul Reboot And Select Proper Boot Device

Cara Mengatasi Komputer Muncul Reboot And Select Proper Boot DeviceSource: bing.com

Apa itu Reboot And Select Proper Boot Device?

Reboot and Select Proper Boot Device adalah pesan error yang muncul ketika komputer tidak bisa menemukan sistem operasi yang sesuai saat booting. Pesan ini biasanya terjadi ketika BIOS tidak dapat membaca disk drive yang terinstal pada komputer. Jadi, jika Anda mengalami masalah ini, Anda perlu mencari solusinya.

Mengapa Muncul Reboot And Select Proper Boot Device?

Ada beberapa alasan mengapa pesan error Reboot and Select Proper Boot Device muncul pada komputer Anda. Beberapa di antaranya adalah:

  • Hard drive yang rusak atau tidak terhubung dengan benar
  • Perubahan pada BIOS
  • Kerusakan pada kabel SATA atau power supply
  • Perubahan pada partisi hard drive
  • Masalah dengan boot order BIOS

Cara Mengatasi Reboot And Select Proper Boot Device

1. Periksa Koneksi Hard Drive

Periksa Koneksi Hard DriveSource: bing.com

Satu-satunya cara untuk mengetahui apakah hard drive terhubung dengan benar adalah dengan membuka casing komputer dan memeriksa kabel SATA atau power supply yang terhubung ke hard drive. Jika ada yang terlepas, pasang kembali dengan benar. Setelah melakukan ini, coba booting kembali komputer Anda.

2. Perbaiki Boot Order BIOS

Perbaiki Boot Order BiosSource: bing.com

Saat komputer booting, BIOS akan mencari perangkat boot di urutan tertentu. Jika hard drive tidak ditemukan di urutan yang benar, maka pesan error Reboot and Select Proper Boot Device akan muncul. Untuk memperbaiki ini, masuk ke BIOS dan pastikan hard drive Anda terdaftar sebagai perangkat boot utama. Setelah merubahnya, simpan perubahan dan coba booting kembali komputer Anda.

3. Periksa Kondisi Hard Drive

Periksa Kondisi Hard DriveSource: bing.com

Jika masalahnya adalah hard drive yang rusak, maka Anda perlu memperbaikinya atau menggantinya dengan yang baru. Anda dapat memeriksa kondisi hard drive Anda dengan menggunakan software pihak ketiga atau memeriksanya langsung ke toko yang menjual hard drive.

4. Perbaiki Partisi Hard Drive

Perbaiki Partisi Hard DriveSource: bing.com

Perubahan pada partisi hard drive dapat menyebabkan masalah Reboot and Select Proper Boot Device. Jika ini terjadi, maka Anda perlu memperbaiki partisi hard drive Anda. Anda dapat melakukannya melalui command prompt di menu Install Windows atau dengan menggunakan software pihak ketiga.

5. Kembalikan Settingan BIOS ke Default

Kembalikan Settingan Bios Ke DefaultSource: bing.com

Jika Anda telah melakukan perubahan pada settingan BIOS sebelumnya, maka masalah Reboot and Select Proper Boot Device bisa terjadi. Untuk memperbaikinya, kembalikan settingan BIOS ke default dengan cara masuk ke BIOS dan mencari opsi untuk “Load Default Setting” atau “Load Optimized Setting”. Setelah itu, simpan perubahan dan coba booting kembali komputer Anda.

6. Ganti Kabel SATA atau Power Supply

Ganti Kabel Sata Atau Power SupplySource: bing.com

Jika Anda telah memeriksa kondisi hard drive dan settingan BIOS namun masalah tetap terjadi, maka kemungkinan terjadi kerusakan pada kabel SATA atau power supply. Anda perlu menggantinya dengan yang baru.

Kesimpulan

Jadi, itulah beberapa cara mengatasi masalah Reboot and Select Proper Boot Device pada komputer Anda. Jika Anda mengalami masalah ini, jangan panik dan coba solusi yang telah dijelaskan di atas. Semoga berhasil!

Related video of Cara Mengatasi Komputer Muncul Reboot And Select Proper Boot Device

Leave a Comment