Cara Mengatasi No Speakers Or Headphones Are Plugged In

No Speakers Or Headphones Are Plugged InSource: bing.com

Apakah kamu pernah mengalami masalah “No speakers or headphones are plugged in” saat ingin mendengarkan suara di komputer? Jika iya, kamu tidak sendirian. Masalah ini sering terjadi pada pengguna Windows dan dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Namun, jangan khawatir karena di artikel ini, kami akan memberikan cara-cara yang mudah untuk mengatasi masalah tersebut.

1. Periksa Koneksi

Periksa KoneksiSource: bing.com

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memeriksa koneksi speaker atau headphone ke komputer. Pastikan kabel terhubung dengan benar dan tidak ada yang lepas. Jika kamu menggunakan speaker, pastikan juga bahwa mereka memiliki daya dan volume yang cukup.

2. Periksa Pengaturan Audio

Pengaturan AudioSource: bing.com

Jika koneksi sudah benar tetapi masalah masih terjadi, periksa pengaturan audio di komputer kamu. Klik kanan pada ikon speaker di taskbar dan pilih “Open Sound Settings”. Pastikan bahwa output audio sudah diatur ke speaker atau headphone yang kamu gunakan. Jika tidak, ubah pengaturannya.

3. Periksa Driver Audio

Driver AudioSource: bing.com

Driver audio yang tidak terinstal atau rusak juga dapat menjadi penyebab masalah ini. Untuk memeriksa driver audio, buka “Device Manager” dan cari “Sound, video and game controllers”. Jika ada tanda seru kuning di sebelah nama perangkat audio, itu berarti driver perlu diinstal ulang atau diperbarui.

4. Restart Komputer

Restart KomputerSource: bing.com

Jika semua cara di atas tidak berhasil, coba restart komputer kamu. Kadang-kadang, masalah ini dapat teratasi dengan mudah setelah restart.

5. Gunakan Troubleshooter Audio

Troubleshooter AudioSource: bing.com

Windows memiliki fitur troubleshooter audio yang dapat membantu kamu mengatasi masalah “No speakers or headphones are plugged in”. Untuk menggunakannya, buka “Settings” dan cari “Troubleshoot”. Pilih “Playing Audio” dan ikuti petunjuk di layar.

6. Ganti Kabel atau Perangkat Audio

Ganti Kabel Atau Perangkat AudioSource: bing.com

Jika semua cara di atas tidak berhasil, kemungkinan besar masalahnya terletak pada kabel atau perangkat audio itu sendiri. Coba ganti kabel atau gunakan perangkat audio yang berbeda untuk melihat apakah masalahnya teratasi.

Demikianlah beberapa cara mengatasi masalah “No speakers or headphones are plugged in” pada komputer Windows. Pastikan kamu menjalankan semua cara di atas sebelum memutuskan untuk mengganti perangkat audio. Semoga berhasil!

Tinggalkan komentar