Cara Mengatasi Photoshop Crash

Cara Mengatasi Photoshop CrashSource: bing.com

Jika Anda adalah seorang desainer grafis atau fotografer, mungkin Anda pernah mengalami masalah ketika menggunakan Photoshop. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah crash atau hang. Masalah ini dapat sangat mengganggu dan bahkan dapat mengakibatkan kehilangan pekerjaan yang belum disimpan. Namun, jangan khawatir karena ada beberapa cara untuk mengatasi masalah ini. Berikut adalah beberapa cara mengatasi Photoshop crash.

1. Pastikan Photoshop Anda Terbaru

Update PhotoshopSource: bing.com

Jika Anda menggunakan versi lama dari Photoshop, mungkin ada bug atau masalah yang telah diperbaiki dalam versi terbaru. Pastikan Anda selalu menggunakan versi terbaru dari Photoshop. Anda dapat memeriksa pembaruan dengan mengklik “Help” di menu atas dan memilih “Updates” dari menu drop-down.

2. Perbarui Driver Grafis Anda

Update Graphics DriverSource: bing.com

Driver grafis adalah komponen penting dari komputer Anda yang memungkinkan tampilan visual yang baik dan lancar. Jika driver grafis Anda tidak terbaru, ini dapat menyebabkan crash Photoshop. Pastikan driver grafis Anda selalu terbaru dengan mengunjungi situs web produsen kartu grafis Anda.

3. Nonaktifkan OpenGL

OpenglSource: bing.com

OpenGL adalah standar grafis yang digunakan oleh Photoshop. Namun, kadang-kadang ini dapat menyebabkan crash Photoshop. Jika Anda mengalami masalah dengan OpenGL, Anda dapat mencoba untuk menonaktifkannya dengan mengklik “Edit” di menu atas dan memilih “Preferences” dari menu drop-down. Kemudian, pilih “Performance” dan hilangkan tanda centang di kotak “Use Graphics Processor”.

4. Periksa Plugin Photoshop

Photoshop PluginSource: bing.com

Plugin Photoshop dapat menyebabkan crash Photoshop jika tidak kompatibel dengan versi Photoshop Anda. Pastikan Anda selalu menggunakan plugin yang kompatibel dengan versi Photoshop Anda. Anda dapat memeriksa plugin Anda dengan mengklik “Help” di menu atas dan memilih “Plugins” dari menu drop-down.

5. Hapus Preferensi Photoshop

Photoshop PreferencesSource: bing.com

Preferensi Photoshop adalah file konfigurasi yang disimpan oleh Photoshop. Jika file ini rusak, ini dapat menyebabkan crash Photoshop. Anda dapat menghapus preferensi Photoshop dengan menekan tombol Alt + Ctrl + Shift saat Anda membuka Photoshop. Ini akan menampilkan pesan “Delete the Adobe Photoshop Settings File?” Klik “Yes” untuk menghapus preferensi.

6. Periksa RAM Anda

RamSource: bing.com

Jika Photoshop crash terjadi secara teratur, mungkin RAM Anda tidak mencukupi. Pastikan Anda memiliki cukup RAM untuk menjalankan Photoshop. Anda dapat memeriksa jumlah RAM Anda dengan mengklik “Start” dan memilih “Computer”. Klik kanan pada “Properties” dan periksa jumlah RAM Anda di bawah “System”.

7. Gunakan Fitur AutoSave

AutosaveSource: bing.com

Jika Anda khawatir kehilangan pekerjaan Anda karena crash Photoshop, gunakan fitur AutoSave. Fitur ini akan secara otomatis menyimpan pekerjaan Anda setiap beberapa menit. Anda dapat mengaktifkannya dengan mengklik “Edit” di menu atas dan memilih “Preferences” dari menu drop-down. Kemudian, pilih “File Handling” dan atur “Automatically Save Recovery Information Every” ke waktu yang diinginkan.

8. Hapus Cache Photoshop

Photoshop CacheSource: bing.com

Cache Photoshop adalah file sementara yang disimpan oleh Photoshop untuk mempercepat kinerja. Namun, cache yang besar dapat menyebabkan crash Photoshop. Anda dapat menghapus cache Photoshop dengan mengklik “Edit” di menu atas dan memilih “Purge” dari menu drop-down. Kemudian, pilih “All” untuk menghapus semua cache.

9. Periksa Hard Drive Anda

Hard DriveSource: bing.com

Jika Photoshop crash terjadi secara teratur, mungkin ada masalah dengan hard drive Anda. Pastikan hard drive Anda tidak penuh atau rusak. Anda dapat memeriksa hard drive Anda dengan mengklik “Start” dan memilih “Computer”. Klik kanan pada hard drive Anda dan pilih “Properties”. Periksa jumlah ruang yang tersedia di bawah “General”.

10. Gunakan Fitur Photoshop Recovery

Photoshop RecoverySource: bing.com

Jika Photoshop crash terjadi, Anda dapat menggunakan fitur Photoshop Recovery untuk memulihkan pekerjaan Anda. Fitur ini akan mencoba memulihkan pekerjaan Anda yang belum disimpan. Anda dapat mengakses fitur ini dengan membuka kembali Photoshop setelah crash terjadi.

Itulah beberapa cara mengatasi Photoshop crash. Jika masalah masih terjadi, Anda dapat mencari bantuan dari forum Photoshop atau menghubungi dukungan teknis Adobe.

Leave a Comment