Cara Mengatasi Printer Epson L120 Paper Jam

Cara Mengatasi Printer Epson L120 Paper JamSource: bing.com

Printer Epson L120 merupakan salah satu printer yang banyak digunakan oleh orang-orang di Indonesia. Namun, terkadang printer ini mengalami masalah paper jam yang membuat pengguna kesulitan dalam mencetak dokumen. Paper jam bisa terjadi karena beberapa faktor seperti kertas yang tidak rata, kotoran pada roller, atau kertas terjepit.

Cara Pertama: Bersihkan Kertas yang Terjepit

Kertas TerjepitSource: bing.com

Jika printer Epson L120 mengalami paper jam, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa apakah ada kertas yang terjepit di dalam printer. Jika ada, matikan printer dan cabut kabel listriknya terlebih dahulu.

Setelah itu, buka tutup printer dan cari kertas yang terjepit. Jika kertas sudah terlihat, tarik kertas tersebut secara perlahan-lahan hingga keluar dari printer.

Jika kertas sulit ditarik, jangan dipaksa untuk dikeluarkan karena bisa merusak printer. Sebaiknya, cari bantuan dari teknisi printer untuk menyelesaikan masalah paper jam ini.

Cara Kedua: Bersihkan Roller

RollerSource: bing.com

Jika printer Epson L120 mengalami paper jam karena kertas yang tidak rata atau kotoran pada roller, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan roller.

Untuk membersihkan roller, matikan printer dan cabut kabel listriknya terlebih dahulu. Setelah itu, buka tutup printer dan cari roller yang kotor. Bersihkan roller dengan kain yang lembut dan basah. Pastikan roller kering sebelum menyalakan printer kembali.

Jika printer masih mengalami paper jam setelah membersihkan roller, maka ada kemungkinan ada kertas yang terjepit di dalam printer. Lakukan cara pertama untuk menyelesaikan masalah paper jam tersebut.

Cara Ketiga: Atur Kertas dengan Benar

Atur KertasSource: bing.com

Jika printer Epson L120 mengalami paper jam karena kertas yang tidak rata, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa posisi kertas yang dimasukkan pada printer.

Sebaiknya, gunakan kertas yang rata dan bersih. Pastikan kertas diletakkan dengan tepat pada tray kertas dan jangan terlalu penuh. Jika kertas sudah terlanjur dimasukkan dengan tidak rata, matikan printer dan cabut kabel listriknya terlebih dahulu. Kemudian, keluarkan kertas yang tidak rata secara perlahan-lahan dari printer.

Jika printer masih mengalami paper jam setelah mengatur kertas dengan benar, maka ada kemungkinan ada kertas yang terjepit di dalam printer. Lakukan cara pertama untuk menyelesaikan masalah paper jam tersebut.

Cara Keempat: Reset Printer

Reset PrinterSource: bing.com

Jika printer Epson L120 masih mengalami paper jam setelah melakukan tiga cara di atas, maka langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah reset printer.

Matikan printer dan cabut kabel listriknya terlebih dahulu. Kemudian, tekan dan tahan tombol power selama 30 detik. Setelah itu, lepaskan tombol power dan colokkan kabel listriknya kembali. Nyalakan printer dan coba untuk mencetak dokumen lagi.

Jika printer masih mengalami paper jam setelah melakukan reset printer, maka sebaiknya membawa printer ke tempat service terdekat untuk diperbaiki oleh teknisi printer.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara untuk mengatasi printer Epson L120 yang mengalami paper jam. Sebaiknya, melakukan pemeriksaan secara berkala pada printer untuk mencegah terjadinya masalah paper jam. Jika printer masih mengalami paper jam setelah melakukan beberapa cara di atas, maka sebaiknya membawa printer ke tempat service terdekat untuk diperbaiki oleh teknisi printer.

Leave a Comment