Cara Mengatasi Tinta Printer Brother Tidak Keluar

Cara Mengatasi Tinta Printer Brother Tidak KeluarSource: bing.com

Printer Brother merupakan salah satu jenis printer yang cukup populer di Indonesia. Printer ini terkenal dengan kualitas cetakan yang bagus dan juga harga yang terjangkau. Namun, seperti halnya printer lainnya, printer Brother juga bisa mengalami masalah pada tinta yang tidak keluar. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi tinta printer Brother yang tidak keluar.

Pastikan Cartridge Tinta Tidak Kosong

Cartridge Tinta Printer BrotherSource: bing.com

Salah satu penyebab tinta printer Brother tidak keluar adalah karena cartridge tinta yang sudah kosong. Pastikan cartridge tinta tidak kosong dengan memeriksa indikator di printer Brother atau dengan mencoba mencetak halaman uji.

Bersihkan Cartridge Tinta

Bersihkan Cartridge Tinta Printer BrotherSource: bing.com

Jika cartridge tinta tidak kosong namun tinta tetap tidak keluar, kemungkinan cartridge tinta perlu dibersihkan. Cartridge tinta yang kotor dapat menghambat aliran tinta. Bersihkan cartridge tinta dengan menggunakan kapas atau kain yang dibasahi dengan alkohol isopropil.

Bersihkan Head Printer

Bersihkan Head Printer BrotherSource: bing.com

Head printer adalah bagian printer Brother yang bertanggung jawab untuk mengeluarkan tinta. Jika head printer kotor atau tersumbat, tinta tidak akan keluar. Bersihkan head printer dengan menggunakan kapas atau kain yang dibasahi dengan alkohol isopropil.

Periksa Selang Tinta

Periksa Selang Tinta Printer BrotherSource: bing.com

Selang tinta adalah saluran yang menghubungkan cartridge tinta dengan head printer. Jika selang tinta tersumbat atau tidak terpasang dengan benar, tinta tidak akan keluar. Periksa selang tinta dan pastikan tidak ada yang tersumbat atau terlepas.

Coba Ganti Cartridge Tinta Baru

Cartridge Tinta Printer BrotherSource: bing.com

Jika semua cara di atas tidak berhasil, kemungkinan cartridge tinta rusak atau sudah mencapai batas umur. Coba ganti cartridge tinta dengan yang baru dan pastikan cartridge tinta yang baru sesuai dengan tipe printer Brother yang digunakan.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara mengatasi tinta printer Brother yang tidak keluar. Pastikan selalu memeriksa cartridge tinta, head printer, dan selang tinta secara berkala untuk menghindari masalah pada printer Brother. Jika semua cara di atas tidak berhasil, bawa printer Brother ke tempat service printer terdekat untuk diperbaiki.

Leave a Comment