GREDU membantu meningkatkan kualitas 1.700 pendidik di kota Padang dan Pekanbaru

Untuk memperluas manfaat digitalisasi, GREDU bekerja sama dengan Yayasan Center for Education, Regulation and Development Analysis (CERDAS) dan Yayasan Dedikasi, Pendidikan dan Mutu (DEK), yang berlokasi di Padang, Sumatera Barat.

Yayasan CERDAS berkomitmen untuk pengembangan pendidikan Indonesia dan sering terlibat dalam berbagai kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidik seperti Gerakan Guru Cerdas (Garudas), serta Program Organisasi Penggerak (POP) di kabupaten ‘ Indragiri Hilir dan Padang. Kota.

Sementara itu, DEK Foundation bergerak di bidang pendidikan formal dan nonformal, yang menawarkan berbagai program pengembangan siswa mulai dari character building, literasi, numerasi dan teknologi.

Bekerja sama dengan dua yayasan ini, GREDU melatih 1.700 pendidik dari kota Padang (Sumatera Barat) dan kota Pekanbaru (Riau) tentang penggunaan sistem manajemen pembelajaran (LMS) dalam praktik pembelajaran asinkron.

Pembelajaran asinkron itu sendiri adalah pembelajaran yang berlangsung secara fleksibel dan tidak harus dilakukan dalam waktu yang bersamaan, dan telah diterapkan di beberapa sekolah dengan menggunakan teknik pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau on line.

Dalam pelatihan tersebut, GREDU menjelaskan peran LMS yang dapat membantu memperlancar pekerjaan guru dan mempermudah akses belajar bagi siswa.

Fadly Sudirman sebagai tim pelatih mengajak peserta untuk berlatih membuat dan mendistribusikan materi pembelajaran, melakukan absensi dan evaluasi, mencatat laporan sebagai buletin sesuai format data pendidikan dasar (Dapodik).

Semua aktivitas yang biasanya dilakukan oleh guru dapat dilakukan dalam satu wadah melalui aplikasi GREDU Teacher.

"LULUS"

Kehadiran aplikasi ini juga diapresiasi oleh para guru dari dua kota di pulau sumatera tersebut. Mereka berharap LMS seperti yang dimiliki GREDU dapat diterapkan di sekolah-sekolah di kota Padang dan Pekanbaru sehingga terwujud digitalisasi pendidikan, yang membantu kegiatan KBM bagi guru, siswa dan juga orang tua.

Saat ini, berdasarkan data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, jumlah sekolah mulai dari tingkat SD hingga perguruan tinggi di Kota Padang (Sumatera Barat) mencapai angka 658 sekolah dan di kota Pekanbaru (Riau) sebanyak 688 sekolah.

Kerjasama antara GREDU dengan sekolah-sekolah di kota Padang dan Pekanbaru berlangsung dari Mei hingga Agustus 2022, didukung oleh direktur sekolah, guru dan dinas pendidikan.

Di masa depan, GREDU berencana untuk menjalin kerjasama serupa dengan para pemangku kepentingan di kota lain agar dunia pendidikan di Indonesia berkembang. Selain itu, GREDU juga akan terus mengikuti perkembangan terkini dunia pendidikan Indonesia, salah satunya adalah program Merdeka.

Baca juga: Sudah di Indonesia, 92% Orang Ingin Pakai Jaringan 5G Kedepannya

Tinggalkan komentar