The Good Nurse: Apa Motif Charles Membunuh?

Beberapa hari lalu, The Good Nurse rilis di Netflix. Film ini menceritakan tentang dua perawat ICU bernama Amy Loughren (Jessica Chastain) dan Charles Cullen (Eddie Redmayne). Charles adalah seorang perawat baru yang akhirnya menjadi rekan Amy Loughren. Tetapi setelah bergabungnya Charles, banyak pasien yang meninggal secara misterius karena overdosis. Pada akhirnya, Amy pun mulai turun menginvestigasi siapa dalang di balik semua peristiwa tersebut, hingga akhirnya semua investigasi Amy dan polisi mengarah kepada sosok Charles. Lantas apa yang dilakukan Charles?

Cara Charles Membunuh

Charles pernah bekerja di banyak rumah sakit. Terhitung ada 9 rumah sakit yang pernah mempekerjakannya. Anehnya, setiap Charles bekerja di rumah sakit, ada banyak pasien yang meninggal misterius. Sebenarnya mantan rekan-rekan Charles menaruh curiga terhadapnya. Pihak rumah sakit juga sepertinya tahu tentang kejanggalan yang terjadi. Tetapi tidak dari mereka yang melapor kejadian tersebut. Pihak rumah sakit seolah angkat tangan. Mereka tidak menuntut atau mengajukan laporan apapun terhadap Charles. Jika mereka menuntut Charles, nama rumah sakitnya juga akan ikut tercoreng. Dan pihak rumah sakit juga harus mempertanggung jawabkan tindakan Charles.

The Good Nurse: Apa Motif Charles Membunuh?, Greenscene

Lewat rekan Amy Loghren bernama Lori (Lori kebetulan pernah bekerja dengan Charles), Amy akhirnya mengetahui rumor yang menyebut bahwa Charles bertanggung jawab atas banyak kematian di rumah sakit yang pernah mempekerjakannya. Rumor tersebut menyebut bahwa Charles memasukkan sesuatu ke alat infus, yang kemudian dia gunakan pada pasien kritis. Lori pun memberi tahu Amy bahwa selama Charles bertugas, ada dua hingga tiga kode biru setiap malam (kode darurat yang digunakan untuk memberi tahu ada pasien yang kritis). Namun ketika Charles berhenti dari rumah sakit tersebut, kode birunya hanya muncul satu bulan sekali. Lantas apa yang dilakukan Charles terhadap pasiennya?

Berkat semua bukti yang Amy berikan, terungkap bahwa Charles menyuntikan cairan Insulin ke dalam infus. Nah cairan infus tersebut nantinya akan memasuki aliran darah sang pasien. Hanya membutuhkan waktu berjam-jam atau seharian untuk membunuh sang korban. Parahnya lagi, Charles memasukan obat mematikan lainnya bernama Digoxin. Karena Insulin dan Digoxin merupakan cairan yang bening, maka tidak ada yang bisa mendeteksinya. Ketika infus berisikan Insulin dan Digoxin masuk ke dalam tubuh pasien, pasien akan menjadi sangat lemas. Puncaknya, pasien akan mengalami hilang ingatan, sebelum akhirnya jantung mereka berhenti berdetak. Karena tanpa terdeteksi, itulah yang membuat Charles bisa melenggang bebas tanpa ada yang mengetahuinnya.

Apa Motif Charles?

Dalam The Good Nurse, Charles memang tidak mengungkap motifnya membunuh. Anehnya, polisi menyebut bahwa semua korban Charles adalah wanita. Ketika pihak kepolisian menangkap dan menginterogasi Charles, ia menunjukkan perilaku yang tak wajar dan tetap tidak mengakui bahwa ia telah membunuh. Namun setelah Amy membujuk, Charles mulai mengakui bahwa dirinya adalah pembunuh. Tetapi, Charles terus mengatakan bahwa dia tidak bisa memberikan alasannya membunuh sang korban. Charles hanya berkata bahwa dia hanya membantu pasien.

The Good Nurse: Apa Motif Charles Membunuh?, Greenscene

Dengan semua bukti dalam filmnya, motif Charles membunuh sepertinya dilandasi dari trauma masa kecil. Polisi yang bertugas menangani kasusnya sempat bertanya kepada Charles apa yang membuatnya tega membunuh sang korban. “Mengapa kau membunuh mereka? Apa korbannya hanya wanita? Teringat pada mantan istri, mungkin? Kalau itu, aku bisa paham. Atau ibumu?” Pertanyaan itulah yang sepertinya menjadi jawaban dari motif Charles. Tentu sang polisi sudah mempelajari berkas dan latar belakang kehidupan Charles sebelumnya. Polisi sudah mengetahui bahwa Charles memiliki masa lalu yang kelam, terutama ketika bersama ibunya.

Selain itu, istrinya juga meninggalkan Charles, dan dia tidak mengizinkan Charlesuntuk bertemu dengan kedua putrinya. Darisitulah timbul kebencian terhadap wanita. Hal tersebut semakin diperparah dengan kepribadian Charles yang kompleks. Semua pengalaman buruknya membuat Charles ingin mendominasi dari wanita. Dengan membunuh pasien wanita, bisa jadi itulah cara Charles untuk mendominasi wanita.

Beda Motif di Film dan Kisah Nyata?

Seperti yang disebutkan di atas, The Good Nurse diadaptasi dari kejadian nyata. Tapi sepertinya ada perbedaan motif Charles di film dan kisah nyatanya. Dalam kisah nyata, Charles sempat memberikan penjelasan tentang bagaimana kejahatan yang dia lakukan dan alasannya. Charles menjelaskan bahwa dia bekerja di bagian “Unit Luka Bakar” di sebuah rumah sakit. Dalam unit tersebut, banyak pasien yang mengalami luka bakar dan menderita. Charles kemudian mengatakan bahwa ia membunuh karena belas kasih. “Saya pikir orang-orang tidak akan menderita lagi (ketika mati), jadi dalam arti tertentu, saya pikir telah membantu mereka.” Yap, Charles mengatakan bahwa dia membunuh untuk menghilangkan penderitaan sang korban. Tetapi ada kejanggalan yang terjadi.

The Good Nurse: Apa Motif Charles Membunuh?, Greenscene

Terlepas dari klaimnya, ada beberapa korban yang ternyata tidak sekarat atau menderita. Contohnya terjadi pada seorang wanita bernama Elenor Stoecker, di mana ia hanya pengidap asma yang tidak terlalu parah. Ketika Charles memasukkan Insulin dan Digoksin, Elenor pun akhirnya meregang nyawa. Selain itu ada korban lainnya yang sedang dalam masa pemulihan setelah melakukan operasi pengangkatan limpa. Ia kemudian harus terbunuh oleh Charles.

Jika seluruh korban Charles di filmnya adalah wanita, lain halnya dengan di dunia nyata. Ada beberapa korban Charlesyang berjenis kelamin pria. Contohnya adalah seorang mahasiswa bernama Michael Strenko dan pensiunan hakim bernama John W. Yengo Sr.  Masa lalu Charles di kisah nyatanya pun lebih kelam dibanding filmnya. Di kisah nyata, terungkap bahwa kondisi mental Charles sudah terganggu sejak dia berusia 17 tahun. Setelah putus sekolah, Charles bergabung dengan angkatan Laut. Tetapi tidak lama saat berada di angkatan laut, Charles melaporkan bahwa dia diganggu rekannya hingga mencoba bunuh diri. Akibat hal tersebut, dia dikeluarkan dari militer. Bahkan dilansir 60 Minutes, Cullen pernah mencoba bunuh diri lebih dari 20 kali dan sering dirawat di rumah sakit jiwa sebelum dia tertangkap.

Itulah dia Geeks penjelasan tentang karakter Charles Cullen di film The Good Nurse. Pada akhirnya, Charles harus menanggung semua perbuatannya selama ini. Ia harus mendekam dipenjara selama sisa hidupnya.

Tinggalkan komentar