XL Axiata Salurkan 80 Laptop ke Puluhan Pondok Pesantren di 7 Provinsi

XL Axiata Tbk (XL Axiata) mendistribusikan puluhan laptop ke pondok pesantren di beberapa wilayah Indonesia. Donasi ini merupakan bagian dari program Kampung Digital Nusantara yang diselenggarakan oleh XL Axiata untuk mendorong digitalisasi di pedesaan.

Pesantren yang menerima donasi diharapkan dapat menjadi motor penggerak digitalisasi dimaksud, serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia di kalangan pesantren. Ada 39 pondok pesantren di 29 kota/kabupaten dan 7 provinsi yang telah menerima donasi yang disalurkan sejak April 2022.

Corporate Communications XL Axiata Group Manager Tri Wahyuningsih mengatakan, “Total, kami mendistribusikan 80 unit laptop serta perangkat akses internet berupa router, ditambah kuota data sebesar 20 GB per bulan selama satu tahun, kepada 39 pondok pesantren. sekolah di 29 kota/kabupaten yang tersebar di 7 kota. propinsi.”

"XL Axiata"

Selain itu, mereka juga akan mendapatkan program lanjutan berupa pelatihan sejumlah keterampilan digital, antara lain bagaimana menggunakan media sosial untuk promosi produk, fotografi, dan membuat konten digital yang efektif.

Seiring dengan semakin berkembangnya infrastruktur jaringan data 4G XL di seluruh Indonesia yang sebagian juga menjangkau daerah pedesaan, manajemen XL berharap dapat menjadi bagian dari mendukung masyarakat pedesaan untuk beradaptasi dengan digitalisasi di berbagai bidang, khususnya sektor produktif dan sosial ekonomi. Untuk itu, XL Axiata berharap melalui donasi laptop dan akses internet ini dapat mendorong peningkatan literasi digital di masyarakat pedesaan.

Budaya pesantren sangat erat kaitannya dengan kehidupan masyarakat pedesaan, karena santri dan guru biasanya juga berasal dari masyarakat pedesaan. Selain itu, pondok pesantren yang menerima donasi laptop juga berjanji akan menjadi pendamping masyarakat desa sekitar pondok untuk merangkul teknologi digital untuk berbagai kebutuhan produktif.

Sejauh ini, jaringan XL tersebar di 34 provinsi. Beberapa jaringan telah merambah dan melayani masyarakat di daerah terpencil dan berada di perbatasan negara.

Secara total lebih dari 133 ribu BTS antara lain 83 ribu BTS 4G, dan jaringan serat optik lebih dari 113.000 kilometer, mendukung kekuatan jaringan XL Axiata, untuk melayani sekitar. 57 juta pelanggan di berbagai wilayah Indonesia.

Baca Juga: Realme C30 Kunjungi Indonesia dengan Harga Rp 1 Jutaan