5 Anime Dengan Tema Politik!

Dalam industri anime khususnya bergenre shonen sangat sering kita menemukan sebuah tema yang umum. Contohnya adalah pahlawan, perjuangan, fantasi, kekuatan super, dan sebagainya. Namun, sangat jarang kita menemukan seri anime shonen yang menghadirkan tema sedikit dewasa. Salah satu tema yang sangat jarang untuk muncul adalah politik. Mungkin hal ini wajar karena memang genre shonen mengarah pada anak-anak remaja.

Para anak-anak usia remaja sangat jarang yang tertarik untuk menyaksikan cerita dengan tema yang berat, seperti politik. Meskipun begitu, ada beberapa seri anime yang mengangkat tema politik yang mungkin belum pernah Geeks dengar sebelumnya. Lalu, apa saja seri anime tersebut? Berikut adalah pembahasannya.

Moribito

Balsa adalah seorang bodyguard yang mempersenjatai dirinya dengan sebuah tombak. Dia berusaha untuk mencari delapan orang untuk dia selamatkan nyawanya. Hal tersebut Balsa lakukan sebagai bentuk penebusan dosa akibat sudah membunuh delapan orang pada masa lalunya. Balsa kemudian bertemu dengan sosok Pangeran Chagum, yang berhasil selamat dari berbagai upaya pembunuhan, termasuk oleh ayahnya sendiri.

Ibu dari Chagum akhirnya berhasil meyakinkan Balsa untuk mau melindungi anaknya. Seri Moribito: Guardian of the Spirit dirilis pada 2007 lalu, dan banyak yang beranggapan bahwa ini adalah anime yang hampir mendekati kenyataan. Serinya pun berhasil membangun dunia yang apik secara baik dan tepat. Para penontonnya benar-benar belajar tentang sistem politik, motivasi, dan alasan yang para karakternya pilih. Meskipun begitu, seri ini banyak mendapatkan kritik karena dianggap terlalu membosankan.

The Heroic Legend Of Arslan

Pangeran Arslan dari Pars hampir saja kehilangan nyawanya ketika negaranya terkena invasi dari negeri tetangga, Lusitania. Hal itu merupakan upaya untuk menjatuhkan sang ayah, King Andagoras III. Melihat kondisi ini, Arslan pun berjuang untuk bisa kembali merebut wilayahnya. Namun, Arslan tidak sendiri. Dia mendapatkan bantuan dari berbagai pihak yang merupakan pengikutnya dan juga orang-orang yang ada di pihaknya.

Dengan setting tempat di Persia kuno dan sekitarnya, seri ini terinspirasi dari sosok dan kejadian nyata pada abad keenam di Persia. Cerita politik yang muncul dalam ceritanya benar-benar sangat menarik dan mengesankan. Seri anime yang muncul pada 2015-2016 ini menjadi salah satu anime yang cocok untuk Geeks yang mencoba warna baru dalam seri anime.

Joker Game

Bersetting pada 1937 dan era Perang Dunia kedua ada di depan mata, pihak Jepang berusaha untuk mencari informasi intelejen dari negara lain. Mereka pun kemudian membentuk sebuah agensi yaitu D Agency. D Agency sendiri berisi para mata-mata terlatih yang memang memiliki tugas untuk menyusup ke berbagai negara seperti Inggris, Jerman, Perancis, USSR, Tingkok, dan Amerika.

Tujuannya tidak lain adalah untuk mendapatkan informasi yang bisa menguntungkan pihak Jepang. Seri yang muncul pada 2016 ini memang lebih banyak menghadirkan adegan dialog, dengan perpaduan bumbu politik dan thriller mata-mata. Hampir tidak ada momen aksi atau hal-hal menegangkan seperti umumnya yang muncul di seri shonen. Tempo ceritanya pun sangat lambat dan tonenya sendiri sangat serius.

The Story of Saiunkoku

Shurei Hong dari House of Kou adalah satu-satunya anak perempuan yang berasal dari keluarga bangsawan. Sayangnya, Hong harus mengalami nasib buruk di mana dia kemudian jatuh miskin. Meksipun begitu, Hong memiliki ambisi yang sangat besar dalam hidupnya yaitu menjadi anggota pengadilan wanita pertama. Hong sendiri kemudian mendapatkan kesempatan untuk bisa lebih dekat dengan mimpinya saat penasihat raja Ryuuki memberikannya penawaran.

Penawaran tersebut adalah Hong akan mendapatkan pelajaran bagaimana caranya untuk menjadi anggota pengadilan. Namun, Hong harus menerima kenyataan bahwa dia terjebak dalam berbagai intrik politik yang ada di dalam proses peradilan itu sendiri. Seri animenya sendiri tayang pada 2006 sampai 2008. Meskipun menghadirkan berbagai elemen yang sangat tidak biasa dalam tema politik, seri ini cukup berhasil membuat para penontonnya peduli terhadap para karakter dalam ceritanya.

BACA JUGA: Hunter X Hunter: Mengenal Kerumitan Kekuatan Nen!

ACCA: 13-Territory Inspection Dept.

JEanOtusadalah wakil komandan dari sebuah departemen pengawas ACCA. ACCA sendiri merupakan sebuah organisasi raksasa yang menyediakan layanan publik kepada masyarakat di kerajaan Dowa dan 13 negara bagian lainnya. Masing-masing wilayah memiliki gaya hidup dan budayanya tersendiri. Memiliki tugas untuk mengawasi semua wilayah untuk meyakinkan tidak ada masalah berarti, Jean menjadi waspada terhadap rumor tentang kudeta di wilayahnya.

Tugas Jean sendiri sangat berat karena selain dia harus mengungkap tentang rencana kudeta tersebut, dia tidak boleh absen dalam tugasnya. Tayang pada 2017 lalu, seri anime ini penuh dengan setting dan atmosfer politik. Elemen drama dan misteri juga tidak lupa muncul dalam ceritanya. Intrik-intrik lainnya pun bermunculan sejak awal cerita sampai selesai. Untuk Geeks yang senang dengan cerita yang lambat dan penuh dengan drama politik tentunya akan sangat cocok menyaksikan serinya. Apalagi ada banyak plot twist dan kejutan yang muncul.

Drama politik mungkin bukan menjadi tema yang sangat populer, khususnya untuk seri anime bergenre shonen. Meskipun begitu, rasanya tidak ada salahnya jika kemudian kita menyaksikan seri tersebut. Selain kita bisa melihat hal-hal baru, kita pun akan mempelajari berbagai elemen-elemen politik yang mungkin akan berguna pada masa yang akan datang. Apalagi, genre Shonen memang ditujukan untuk para remaja.



Source by [author_name]