5 penyebab telinga gatal dan cara mengatasinya

Telinga siapa yang gatal? Pasti menyebalkan karena ingin menggaruk tapi sulit dijangkau di telinga. Lalu apa penyebab gatal ini? Yuk, simak ulasannya di bawah ini, ladies!

1. Membersihkan telinga secara berlebihan

Telinga yang terlalu bersih tidak terlalu baik, Ladies, menurut Philip Chen, MD, FARS, profesor otolaringologi dan rinologi di Pusat Ilmu Kesehatan Universitas Texas di San Antonio. Mengapa demikian? Menurut Dr. Chen, pembersihan telinga yang berlebihan dapat menghilangkan kotoran telinga, lapisan lilin pelindung telinga. Jika lapisan ini hilang, tidak ada lagi perlindungan terhadap trauma, air dan bakteri yang masuk. Jadi iritasi bisa muncul, ladies.

Solusinya: kotoran di telinga akan dihilangkan oleh lapisan lilin itu sendiri. Itu sebabnya Anda cukup menyeka bagian luar telinga Anda dengan handuk kering setelah mandi.

2. Ada setumpuk lilin

Dulu masalah muncul karena kotoran di telinga hanya sedikit, sekarang jika menumpuk terlalu banyak juga tidak baik dan gatal, ladies.

Solusinya: ada beberapa cara untuk melakukannya. Salah satunya dengan menjalankan hidrogen peroksida untuk memecah kotoran di telinga. Beberapa apotek juga menawarkan paket untuk mengurangi penumpukan kotoran telinga. Namun ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu, karena Anda rentan terkena infeksi jika melakukannya sendiri di rumah.

3. Masalah kulit

5 penyebab telinga gatal dan cara mengatasinya
Foto: pexels.com

Jika Anda memiliki masalah kulit seperti eksim dan psoriasis, masalah ini juga dapat menyebabkan telinga gatal dan terbakar.

Solusinya: hubungi dokter kulit atau spesialis THT untuk diagnosis yang tepat. Anda kemungkinan akan diberikan obat tetes telinga atau steroid untuk diminum.

Baca juga: 10 Bagian Tubuh yang Bisa Dibersihkan Kurang Baik

4. Infeksi telinga

Gatal juga bisa disebabkan oleh infeksi telinga atau otitis eksterna. Infeksi ini sering terjadi pada perenang karena telinga mereka sering terkena air.

Solusinya: temui dokter. Kemungkinan besar Anda akan menerima obat tetes telinga yang diresepkan. Jangan coba-coba membersihkannya sendiri ya, ladies!

5. Alergi kulit

5 penyebab telinga gatal dan cara mengatasinya
Foto: pexels.com

Jika telinga Anda gatal dan teriritasi, kemungkinan besar Anda mengalami reaksi alergi. Hal-hal yang memicu alergi bisa berupa headphone, sabun, sampo, makeup, atau anting yang terbuat dari logam tertentu.

Cara mengatasinya: Berhati-hatilah dengan produk baru yang Anda coba yang dapat menyebabkan reaksi alergi. Biasanya reaksi alergi bersifat sementara selama sekitar 12 hingga 48 jam, tetapi Anda dapat mengonsumsi antihistamin untuk meredakan gejalanya.

Nah, itulah beberapa penyebab telinga gatal, Ladies. Jika masih belum yakin dengan penyebabnya, segera periksakan ke dokter ya, ladies!

Sumber: hidup kuat