Apakah Bisa Perpanjangan Sim Beda Kabupaten Kota

Apakah Bisa Perpanjangan Sim Beda Kabupaten Kota

Gogandul.com ♠ Awalnya saya ragu apakah bisa perpanjangan SIM beda kabupaten kota ? Ternyata ini bisa dijadikan pengalaman berharga buatku. Lalu ku tulis pengalaman ini untuk berbagi buat temen-temen agar kalian tahu bagaimana prosesnya.

Perpanjangan sim adalah hal yang wajib dilakukan setiap 5 tahun sekali agar kalian tidak kena tilang atau pelanggaran di jalan ketika ada pemeriksaan oleh pak polisi, SIM ini juga menandakan kalian sudah lulus untuk berkendaraan bermotor di jalan raya.

Saya berdomisili di lampung timur, tepatnya di Kecamatan Pekalongan. Untuk perpanjangan SIM seharusnya saya mengurus di Lampung Timur yaitu di Sukadana. Berhubung saya jarang bepergian kearah Sukadana maka saya tanyakan di kota Metro.

Hampir setiap hari saya pergi ke arah Metro, lalu saya coba tanyakan langsung ke tempat pelayanan SIM yaitu di GEDUNG LAYANAN TERPADU POLRES, lokasinya tidak jauh dari POLRES Metro.

Setelah saya tanyakan ke petugas ternyata untuk perpanjangan SIM beda kabupaten ternyata bisa, karena sekarang untuk pelayanan perpanjangan SIM sudah Online ke seluruh Indonesia, petugas bilangnya kalau server tidak down dan tidak ada gangguan maka bisa perpanjang SIM beda Kabupaten kota.

Untuk syarat-syaratnya yaitu KTP asli dan potokopi 2 lembar, SIM asli dan potokopi 2 lembar, Surat Keterangan Kesehatan dari Dokter, dan Surat Lulus Test Psikologi.

Baca juga Biaya Perpanjangan SIM di Kota Metro

Kebetulan kalau di Kota Metro untuk membuat Surat Keterangan Kesehatan dari Dokter, dan Surat Lulus Test Psikologi tempatnya jadi satu, jadi prosesnya cepat. Oh iya untuk biaya pembuatan ini sebesar Rp. 120.000,-

Setelah semua persyaratannya ini lengkap barulah kalian masuk pada kantor SATPAS atau GEDUNG LAYANAN TERPADU POLRES  untuk proses selanjutnya yaitu untuk memperpanjang SIM.

Di kantor ini kalian akan disuruh untuk mengisi formulir perpanjangan SIM, isilah data sesuai dengan KTP, setelah selesai berikanlah pada petugas dan sekalian biaya untuk perpanjangan SIM nya.

Adapun biaya perpanjang SIM ternyata sangat murah :

1SIM ARP. 80.000
2SIM BI DAN BIIRP. 80.000
3SIM BI UMUM DAN BII UMUMRP. 80.000
4SIM CRP. 75.000
5SIM DRP. 35.000

Selanjutnya kita hanya perlu menunggu SIM selesai. Kurang lebih saya menunggu 15 menitan dan SIM baru sudah jadi.

Itulah tadi pengalaman perpanjangan sim beda kabupaten kota, walaupun domisili saya di Lampung Timur akan tetapi bisa memperpanjang SIM di kota Metro, semoga bermanfaat dan jangan sampai telat untuk perpanjangan SIM ya.

Gambar Gravatar
Hai Guys sobat gogandul.com, thanks yah sudah mampir di blog ku, Saran dan Kritikannya agar Blog ini tetap eksis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *