aplikasi tulisan arab

Cara Menggunakan Aplikasi Tulisan Arab di Laptop atau Komputer

Gogandul.com ♠ aplikasi tulisan arab – bagaimana cara menulis ayat-ayat alqur’an atau alhadits menggunakan laptop, komputer atau PC ? banyak orang yang sudah bisa menulis arab di android tapi untuk menulis di Laptop masih banyak yang bingung. Nah, kali ini saya akan berbagi aplikasi tulisan arab di laptop dan cara menggunakannya.

Menulis arab seringkali digunakan oleh para mahasiswa yang mengambil jurusan keagamaan di universitas, oleh para ustadz, guru dan orang orang yang terbiasa menulis bahasa arab menggunakan komputer, makanya terkadang orang awam tidak pernah tahu caranya.

Seringkali orang menganggap bahwa menulis arab sangatlah susah, tapi setelah temen-temen membaca artikel saya ini saya jamin perspektif atau pandangan temen-temen pasti akan berubah dan ternyata menulis arab itu sangat mudah dan mengasyikkan.

Buat pemula yang ingin menulis arab menggunakan aplikasi menulis arab ini memang awalnya pasti mengalami kesulitan karena belum memahami ejaan pada penulisan bahasa arab dan fitur-fitur bahasa arab. Tapi kalau sudah terbiasa maka akan mudah dalam setiap penulisan kata menggunakan tulisan arab.

Cara menggunakan aplikasi tulisan arab di Laptop atau komputer

Sebelum menulis arab pada Laptop atau komputer terlebih dahulu download aplikasinya, walaupun PC atau laptop tidak didukung dengan keyboard arabic, tapi untuk penggunaanya sangat mudah karena pada aplikasi ini letak hurufnya hampir sama dengan keyboard pada umumnya.

Hasil tulisannya seperti ini :

aplikasi tulisan arab

Ikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Download arabic pad melalui google drive atau dropbox
  • Extract filenya lalu buka arabic pad.exe
  • Setelah terbuka bisa langsung menulis dari kanan.
  • Gunakan tabel dibawah ini untuk menulis, bisa di cetak terlebih dahulu agar mudah dalam melihat dan menulisnya.
ArabicKeyArabicKeyArabicKey
اaزzقq
بbسsكk
تtشSلl
ثZصcمm
جjضCنn
حhطpوw
خKظPهh
دdعءx
ذDغgىY
رrفfيy

Catatan : huruf besar dan huruf kecil berpengaruh

ArabicKeyArabicKeyArabicKey
أEؤWةT
إIئO

 

Harokat
ArabicKeyArabicKeyArabicKey
Fathah   َeFathahtan   ًeeSukun ْo
Kasrah   ِiKasrahtan    ٍiiٓ~
Dhommah   ُuDhammahtan   ٌuuHamzah atas   ٔ<
Inverted Dhammah   ٗUShaddah  ّvHamzah bawah  ٕ>
Superscript Alif   ٰASubscript Alif   ٖII

Catatan :

  1. Untuk menulis tulisan arab harus mengetahui basic penulisan antara yang huruf bisa disambung dan tidak, untuk memisahkan huruf agar tidak menyambung gunakan space/ spasi
  2. Ketika akan memberi harokat pada huruf atau tulisan arab tersebut ditulis manual dengan menggeser arah pada setiap huruf dan diberi harokat satu persatu.

Misalkan alhamdu alif fathah = a, lam disukun al menggunakan =o, Ha fathah = a, mim sukun menggunakan =o, da dhomah = u dan seterusnya…pelajari terus hingga tahu dan mahir dalam penulisan arab.

Itulah sedikit penjelasan tentang cara menggunakan aplikasi tulisan arab di Laptop atau Komputer, ada salah kata dan bahasa yang kurang dipahami saya minta maaf yang sebesar-besarnya dan terima kasih sudah berkunjung di gogandul.com.

 

Gambar Gravatar
Hai Guys sobat gogandul.com, thanks yah sudah mampir di blog ku, Saran dan Kritikannya agar Blog ini tetap eksis