Black Adam vs Superman, Siapa Lebih Kuat?

Film Black Adam telah rilis. Sesuai dengan yang diprediksi sebelumnya, filmnya menampilkan kekejaman Black Adam. Tetapi yang paling menarik dari seluruh bagian filmnya adalah kemunculan tiba-tiba Superman di credit scene film Black Adam. Superman tampak muncul dari balik kepulan asap. Kemunculannya sontak membuat Adam terkejut. Superman pun lantas mengatakan “Sudah lama sejak seseorang membuat dunia ini gelisah.”

Adegan tersebut memang tidak menampilkan pertarungan keduanya. Namun jika pertarungan tersebut terjadi, siapa di antara keduanya, Black Adam vs Superman, yang bakal memenangkan pertarungan?

Black Adam

Sebagai salah satu manusia terkuat di dunia, Black Adam adalah rival terbesar bagi Superman. Adam seringkali menjadi superhero, tetapi dia juga sering berganti sisi mejadi villain. Oleh sebab itulah “gelar” antihero lebih cocok disematkan padanya. Adam sering menggunakan kekuatannya untuk melindungi negara asalnya, Kahndaq. Dan ketika negara dan keluarganya terancam, Adam tidak segan-segan untuk mengeluarkan kekuatan dahsyatnya dan menciptakan neraka di Bumi, dengan menciptakan perang dunia ketiga.

Black Adam vs Superman, Siapa Lebih Kuat?, Greenscene

Dalam komik DC, kita pun bisa melihat bagaimana Black Adam menginisiasi perang dunia ketiga. Ketika itu, istri Black Adam yang bernama Isis tewas terbunuh. Peristiwa itulah yang pada akhirnya memicu Adam untuk bertindak lebih jauh lagi. Dia mengamuk, dan hasil dari amukannya menimbulkan banyak korban jiwa, termasuk beberapa pahlawan DC. Bayangkan saja, untuk menghentikan Black Adam, dibutuhkan gabungan dari Teen Titans, Justice League, dan mantan sekutu Black Adam yaitu Justice Society. Mereka semua bersatu untuk menghentikan Adam.

Kemarahan dan tidak adanya batasan moralitas membuat Black Adam sangatlah liar. Bahkan Geeks, Martian Manhunter mengakui bahwa ada banyak karakter yang lebih kuat dari Adam, tetapi tidak ada yang bisa menandingi keganasan Adam. Korban tewas yang Adam timbulkan di Bumi bahkan lebih besar daripada saat Superboy-Prime (versi jahat Superman) membuat onar di Bumi. Berkat kekuatan 5 dewa Mesir kuno, yaitu Shu, Horus, Amun, Zehuti, Aten, dan Mehen, Adam mendapat berbagai kekuatan sihir dahsyat yang bisa dia gunakan untuk menghabisi musuhnya.

Superman

Kontras dengan Black Adam, Superman menghabiskan masa hidupnya untuk membantu orang-orang di Bumi. Superman awalnya datang dari planet Krypton yang telah hancur. Dengan menggunakan pesawat penyelamat, Superman kecil tiba di Bumi. Di Bumi, Superman pun menemukan harapan baru untuk hidup. Dia menemukan sebuah keluarga harmonis, dan mereka pun mengangkat Superman sebagai anak. Dengan adanya keluarga yang selalu menyayanginya, dia tumbuh menjadi pribadi yang luar biasa.

Black Adam vs Superman, Siapa Lebih Kuat?, Greenscene

Sudah banyak bukti yang memperlihatkan aksi heroik Superman. Bukan hanya Bumi saja yang Superman lindungi, tetapi planet lainnya. Dia melakukan semua yang dia bisa untuk melindungi alam semesta. Dari mulai melawan penjahat paling berbahaya di Multiverse hingga menghentikan ancaman-ancaman kecil yang mengusik orang-orang di sekitarnya. Kekuatan Superman sepertinya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Di komik, dia pernah mengangkat beban 200 triliun ton hanya dengan satu tangan. Bahkan Superman mengatakan bahwa sebenarnya dia masih bisa mengangkat beban yang jauh lebih besar lagi dari itu.

Lebih gilanya lagi, Superman pernah memindahkan sebuah galaxy ke lokasi baru ketika dia masih kecil. Pokoknya nih Geeks, selama Superman terpapar sinar matahari, maka kekuatannya akan sangat dahsyat. Superman memiliki beberapa kemampuan super seperti penglihatan X-Ray, Heat Vision, terbang, daya tahan tubuh luar biasa, dan masih banyak lagi. Itulah yang membuat Superman selalu digadang-gadang sebagai karakter terkuat di DC.

Black Adam vs Superman

Dalam komik DC, Superman dan Black Adam sebenarnya sudah melakukan beberapa kali pertarungan. Tetapi tidak ada yang benar-benar muncul sebagai pemenang dalam pertarungan itu. Sepertinya DC bermain “aman”, dengan tidak membunuh salah satu di antara mereka. Tetapi jika berbicara tentang kekuatan secara keseluruhan, Superman sebenarnya lebih mendominasi. Dia bisa menghajar Black Adam dengan cukup mudah dalam sebuah pertarungan normal.

Tetapi walau begitu, Black Adam tidak bisa Superman anggap remeh. Black Adam menyimpan sebuah kekuatan yang menjadi kelemahan besar bagi Superman yaitu sihir. Yap, selain lemah terhadap Kryptonite, Superman juga lemah terhadap sihir. Black Adam bisa balik mendominasi pertarungan jika dia terus menyerang Black Adam dengan sihir. Superman juga memiliki kelemahan lainnya, yaitu sumber kekuatannya bergantung pada matahari. Semakin jauh Superman dari matahari maka dia akan semakin melemah.

Black Adam vs Superman, Siapa Lebih Kuat?, Greenscene

Skenario yang paling mungkin, Black Adam akan melemahkan Superman dengan sihirnya, dan kemudian menggiring Superman untuk menjauhi matahari. Di sanalah Black Adam bisa menghabisi Superman dengan mudah. Yang jelas Geeks, Superman memang sangat kuat, tetapi ketika musuh mengetahui kelemahannya, itu akan boomerang baginya.

Tetapi yang harus dicatat juga Geeks, bahwa Black Adam juga memiliki kelemahan, yang sebenarnya menjadi celah besar untuk mengalahkannya. Walau Black Adam mampu mengeluarkan sihir, tetapi sebenarnya dia rentan kekuatan sihir dari karakter lainya. Selain itu, dia juga memiliki kelemahan terhadap petir. Untungnya bagi Adam, Superman tidak bisa mengeluarkan sihir dan petir untuk mengalahkan Adam.

Itulah dia Geeks kemungkinan yang akan terjadi ketika Black Adam dan Superman saling bertarung. Black Adam sepertinya bakal mendominasi jalannya pertarungan berkat kekuatan sihirnya yang dahsyat, yang jadi kelemahan terbesar Superman. Di DCEU sendiri, baik Superman dan Black Adam akan bersiap untuk melakukan pertarungan besar. Lantas siapa yang kalian prediksi akan memenangkan pertarungan tersebut?

Tinggalkan komentar