hit counter

Cara Mengatasi Bulu Rontok Pada Kenari

KenariSource: bing.com

Kenari adalah burung yang memiliki suara merdu dan menjadi salah satu burung yang banyak dipelihara oleh para penggemar burung. Namun, masalah yang sering dihadapi oleh pemilik kenari adalah bulu rontok. Hal ini tentu sangat mengganggu karena burung kenari yang memiliki bulu rontok akan terlihat tidak sehat dan tidak menarik. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dibahas cara mengatasi bulu rontok pada kenari.

1. Memperhatikan Asupan Makanan

Makanan KenariSource: bing.com

Asupan makanan yang seimbang sangat penting untuk menjaga kesehatan burung kenari dan mencegah bulu rontok. Pastikan kenari Anda mendapatkan makanan yang mengandung protein, vitamin, dan mineral yang cukup. Anda dapat memberikan makanan seperti biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan.

2. Rutin Memberikan Multivitamin

Multivitamin KenariSource: bing.com

Selain asupan makanan yang seimbang, memberikan multivitamin juga dapat membantu mencegah bulu rontok pada kenari. Multivitamin dapat membantu menjaga kesehatan dan kecantikan bulu kenari. Pastikan Anda memberikan multivitamin sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

3. Menjaga Kebersihan Kandang

Kandang KenariSource: bing.com

Kandang yang kotor dapat menjadi sarang bakteri dan virus yang dapat menyebabkan bulu rontok pada kenari. Oleh karena itu, pastikan Anda menjaga kebersihan kandang dengan rutin membersihkan kotoran dan membersihkan tempat minum dan makan kenari. Selain itu, pastikan kandang kenari Anda memiliki sirkulasi udara yang baik dan tidak lembab.

4. Memandikan Kenari Secara Rutin

Kenari MandiSource: bing.com

Memandikan kenari secara rutin dapat membantu menghilangkan kotoran dan debu yang menempel pada bulu kenari. Selain itu, mandi juga dapat membantu menjaga kelembapan bulu kenari dan mencegah bulu rontok. Anda dapat memberikan wadah mandi yang berisi air bersih atau menyemprotkan air dengan sprayer yang disesuaikan dengan kekuatan semprotan yang lembut.

5. Menjaga Kenari dari Stres

Kenari StresSource: bing.com

Stres dapat menjadi penyebab bulu rontok pada kenari. Oleh karena itu, pastikan Anda menjaga kenari Anda dari situasi yang dapat menyebabkan stres, seperti suara bising atau terlalu sering dipindah-pindahkan dari kandangnya. Selain itu, pastikan kenari Anda mendapatkan waktu istirahat yang cukup dan tidak terlalu sering dikerumuni oleh orang yang tidak dikenal.

6. Memberikan Obat Penyubur Bulu Kenari

Obat Penyubur Bulu KenariSource: bing.com

Jika bulu rontok pada kenari Anda sudah parah, Anda dapat memberikan obat penyubur bulu kenari. Obat ini dapat membantu merangsang pertumbuhan bulu kenari dan membuat bulu kenari menjadi lebih tebal dan indah. Namun, pastikan Anda memilih obat yang aman dan berkualitas serta mengikuti aturan pakai yang dianjurkan.

7. Menghindari Penggunaan Produk Kimia Berbahaya

Produk KimiaSource: bing.com

Penggunaan produk kimia berbahaya seperti obat nyamuk atau pengharum ruangan dapat menyebabkan bulu rontok pada kenari. Oleh karena itu, hindari penggunaan produk kimia berbahaya di sekitar kandang kenari.

8. Mengecek Kesehatan Kenari secara Berkala

Kenari DiperiksaSource: bing.com

Terakhir, pastikan Anda memeriksa kesehatan kenari secara berkala ke dokter hewan. Dokter hewan dapat membantu mencegah dan mengobati penyakit yang dapat menyebabkan bulu rontok pada kenari. Selain itu, dokter hewan juga dapat memberikan saran dan tips untuk menjaga kesehatan dan kecantikan bulu kenari.

Dengan menerapkan cara-cara di atas, Anda dapat mengatasi bulu rontok pada kenari dengan efektif dan menjaga kesehatan dan kecantikan burung kenari Anda. Selamat mencoba!

Related video of Cara Mengatasi Bulu Rontok Pada Kenari

Tinggalkan komentar