hit counter

Cara Mengatasi Cipoh Macet Bunyi

Cipoh Macet BunyiSource: bing.com

Cipoh atau burung cipoh adalah salah satu burung yang banyak dijadikan burung masteran atau suara burung untuk perlombaan. Namun, seringkali pemilik burung cipoh mengalami masalah ketika burung cipohnya macet bunyi atau tidak berkicau seperti biasanya. Jangan khawatir, ada beberapa cara mengatasi cipoh macet bunyi yang bisa Anda coba.

1. Beri Makanan Yang Tepat

Makanan Burung CipohSource: bing.com

Salah satu penyebab cipoh macet bunyi adalah pemberian makanan yang tidak tepat. Burung cipoh membutuhkan makanan yang kaya protein seperti jangkrik, ulat hongkong, dan kroto. Pastikan Anda memberikan makanan yang segar dan tidak sudah basi.

2. Beri Vitamin Dan Suplemen

Vitamin Burung CipohSource: bing.com

Untuk mengatasi cipoh macet bunyi, Anda juga bisa memberikan vitamin dan suplemen yang dibutuhkan oleh burung cipoh. Pastikan vitamin dan suplemen yang diberikan sesuai dengan kebutuhan burung cipoh.

3. Jaga Kondisi Kandang

Kandang Burung CipohSource: bing.com

Jaga kondisi kandang burung cipoh agar tetap bersih dan nyaman. Pastikan kandang tidak terlalu lembab atau terlalu panas. Berikan ventilasi yang cukup agar burung cipoh tidak kekurangan oksigen.

4. Lakukan Pemasteran

Pemasteran Burung CipohSource: bing.com

Lakukan pemasteran secara rutin untuk memperbaiki suara burung cipoh. Pemasteran bisa dilakukan dengan cara memutar suara burung cipoh yang sudah terlatih atau menggunakan audio masteran.

5. Jangan Terlalu Sering Mengganti Makanan

Makanan Burung CipohSource: bing.com

Terlalu sering mengganti makanan burung cipoh bisa membuat burung cipoh mengalami stres dan akhirnya macet bunyi. Sebaiknya, berikan makanan yang sama setiap hari dan hanya mengganti makanan jika memang diperlukan.

6. Berikan Kondisi Yang Tenang

Burung Cipoh TenangSource: bing.com

Burung cipoh sangat sensitif terhadap lingkungannya. Pastikan burung cipoh berada di tempat yang tenang dan tidak terlalu bising. Jangan terlalu sering mengganggu burung cipoh ketika sedang istirahat.

7. Berikan Waktu Istirahat Yang Cukup

Waktu Istirahat Burung CipohSource: bing.com

Burung cipoh membutuhkan waktu istirahat yang cukup untuk memperbaiki suara dan kesehatannya. Jangan terlalu sering memaksakan burung cipoh untuk berkicau jika burung cipoh sedang lelah atau sakit.

8. Periksa Kesehatan Burung Cipoh

Periksa Kesehatan Burung CipohSource: bing.com

Jika burung cipoh tetap macet bunyi meskipun sudah dilakukan beberapa cara di atas, sebaiknya periksakan kesehatan burung cipoh ke dokter hewan. Dokter hewan akan melakukan pemeriksaan dan memberikan penanganan yang sesuai untuk burung cipoh.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa cara mengatasi cipoh macet bunyi yang bisa Anda coba. Pastikan Anda memberikan perawatan yang baik dan tepat untuk burung cipoh agar tetap sehat dan berkicau dengan baik. Selamat mencoba!

Related video of Cara Mengatasi Cipoh Macet Bunyi

Tinggalkan komentar