Cara Mengatasi Store Windows 10 The Server Stumbled

Cara Mengatasi Store Windows 10 The Server StumbledSource: bing.com

Apa itu Store Windows 10?

Sebelum membahas cara mengatasi Store Windows 10 yang mengalami masalah “The Server Stumbled”, kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu Store Windows 10. Store Windows 10 adalah sebuah toko aplikasi yang dikembangkan oleh Microsoft sebagai tempat untuk mendownload dan menginstal berbagai macam aplikasi, game, dan konten digital lainnya.

Windows 10 StoreSource: bing.com

Penyebab Masalah “The Server Stumbled”

Saat menggunakan Store Windows 10, terkadang pengguna mengalami masalah “The Server Stumbled”. Pesan ini muncul ketika Store Windows 10 tidak dapat terhubung ke server Microsoft untuk memperbarui atau mengunduh aplikasi. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan masalah tersebut antara lain:

  • Koneksi internet yang buruk atau tidak stabil
  • Server Microsoft sedang mengalami gangguan atau pemeliharaan
  • Driver atau file sistem yang rusak

Cara Mengatasi Store Windows 10 The Server Stumbled

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah “The Server Stumbled” pada Store Windows 10:

1. Periksa Koneksi Internet

Internet ConnectionSource: bing.com

Pastikan koneksi internet Anda stabil dan tidak bermasalah. Coba restart modem atau router, dan periksa koneksi internet dengan membuka situs web atau aplikasi lainnya. Jika koneksi internet bermasalah, segera hubungi penyedia layanan internet Anda.

2. Periksa Server Microsoft

Microsoft ServerSource: bing.com

Periksa status server Microsoft dengan mengunjungi situs web https://support.xbox.com/id-ID/xbox-live-status. Jika server sedang down atau dalam pemeliharaan, tunggu beberapa saat dan coba lagi nanti.

3. Perbarui Driver atau File Sistem

Update DriverSource: bing.com

Periksa apakah driver atau file sistem pada komputer Anda sudah terbaru. Anda dapat melakukan update driver dengan mengunjungi situs web produsen perangkat keras atau menggunakan fitur Windows Update. Untuk memperbaiki file sistem yang rusak, jalankan perintah “sfc /scannow” pada Command Prompt sebagai administrator.

4. Reset Store Windows 10

Reset Windows 10Source: bing.com

Jika masalah masih terjadi, coba reset Store Windows 10. Caranya adalah:

  1. Buka “Settings” dan pilih “Apps”
  2. Cari “Microsoft Store” dan klik “Advanced Options”
  3. Klik “Reset”

Setelah proses reset selesai, coba buka kembali Store Windows 10 dan periksa apakah masalah sudah teratasi.

5. Reinstall Windows 10

Reinstall Windows 10Source: bing.com

Jika semua cara di atas tidak berhasil mengatasi masalah, coba reinstall Windows 10. Pastikan Anda melakukan backup data penting sebelum melakukan reinstall. Untuk reinstall Windows 10, buatlah media instalasi Windows 10 dan ikuti langkah-langkahnya.

Kesimpulan

Store Windows 10 adalah sebuah toko aplikasi yang sangat berguna untuk pengguna Windows 10. Namun, terkadang kita mengalami masalah “The Server Stumbled” saat menggunakan Store Windows 10. Untuk mengatasi masalah tersebut, periksa koneksi internet, server Microsoft, driver atau file sistem, reset Store Windows 10, atau reinstall Windows 10 jika perlu.

Leave a Comment