Jam Pelayanan Puskesmas

Jam Pelayanan Puskesmas, Apakah hari libur buka ?

Gogandul.com ♠ Jam Pelayanan Puskesmas –  Keberadaan puskesmas yang ada di setiap kecamatan dan desa-desa saat ini sangat membantu masyarakat, terutama masyarakat menengah kebawah. Sudah banyak dari masyarakat yang datang ke puskesmas untuk pengobatan dan penyembuhan dari penyakitnya.

Masyarakat memilih puskesmas tentu bukan tanpa alasan, selain tarif berobat yang murah dan relatif lebih terjangkau daripada rumah sakit ataupun klinik, dari tenaga kesehatannya pun semakin baik dan berkualitas. Jadi tak heran kalau sekarang puskemas banyak dilirik masyarakat.

Puskesmas selalu dijadikan tempat pertama pengobatan untuk masyarakat yang jauh dari dokter yang buka praktek, ketika mereka bermasalah dengan kesehatannya.

Adapun tata cara dan proses pelayanan kesehatan di puskesmas adalah sebagai berikut:

  • Ambil nomor antrian
  • Menunggu dipanggil untuk masuk ke layanan sesuai masalah kesehatan kamu
  • Masuk ke ruangan pemeriksaan, dan akan diberi resep dari dokter
  • Membayar resep lalu menyetorkan resep ke apoteker di puskesmas
  • Menunggu resep yang disiapkan oleh apoteker
  • Setelah dipanggil, ambil resep dan boleh pulang

Pembayaran resep hanya dikhususkan buat masyarakat yang berobat dengan umum, kalau mempunyai BPJS maka tinggal menyetorkan Kartu peserta BPJS nya dan gratis tanpa biaya apapun.

Pengalaman saya berobat di puskesmas mudah, cepat dan sesuai layanan yang diberikan, apalgi sekarang puskesmas-puskesmas sudah memiliki peralatan kesehatan yang memadai dan modern, ditambah lagi dengan dokter-dokter ahli, seperti dokter gigi dan dokter kandungan.

Jam Pelayanan Puskesmas

  • Hari Senin – Jumat buka mulai jam 08.00 WIB dan tutup jam 12.00 WIB.
  • Sabtu, Minggu dan hari Libur tutup
  • Sedangkan pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) setiap hari buka mulai jam 08.00 WIB sampai jam 20.00 WIB
  • Tidak semua puskesmas ada layanan IGD nya

Sebagian Puskesmas di pedesaan merupakan puskesmas non perawatan jadi tidak melayani pasien 24 jam. Berbeda kalau di kota-kota besar biasanya ada layanan IGD dan perawatan rawat inap.

Agar tidak salah maka buat kamu yang ingin berobat supaya mengetahui jam pelayanan puskesmas tersebut.

Itulah sedikit penjelasan mengenai jam pelayanan puskesmas, semoga membantu dan bermanfaat. Semoga kita selalu diberikan kesehatan, kalau sedang dicoba sakit semoga segera diberikan kesembuhan. amiin

Gambar Gravatar
Blogger Pemula yang suka main PES 2017