Kenali bahaya mentalitas kepiting, perilaku keinginan melihat orang lain berhasil

Pernahkah Anda mendengar tentang Kepiting mentalitas atau mentalitas kepiting? Mungkin kedengarannya lucu karena mentalitas kita disamakan dengan kepiting. Namun, memiliki pikiran seperti ini, Anda sebenarnya harus berhati-hati ya, ladies. Ini adalah kondisi mental yang menggambarkan kecemburuan Anda terhadap upaya teman Anda.

Baca Juga: Cara Mengatasi Iri Dalam Persahabatan

Mungkin Anda pernah mendengar cerita tentang kepiting di dalam ember, dimana ketika salah satu kepiting mencoba keluar dari ember, kepiting yang lain menariknya kembali ke dalam. Nah, untuk itu, kita harus hati-hati ya, ladies. Yuk, pahami penjelasannya agar lebih waspada!

Apa neraka mentalitas kepiting?

Cari tahu apa itu mentalitas kepiting
Sumber: istockphoto.com

Fenomena di mana orang bereaksi negatif terhadap orang lain yang lebih sukses, dalam psikologi perilaku, dikenal sebagai mentalitas kepiting. Istilah ini berasal dari pengamatan terhadap perilaku kepiting saat terjebak dalam wadah seperti ember atau tong. Jika salah satu kepiting mencoba melarikan diri, teman-teman yang lain akan mengambilnya, sehingga tidak satupun dari mereka yang bisa bertahan dalam situasi tersebut.

Pemilik kepiting mental ini digambarkan sebagai orang yang egois, pencemburu, dan berusaha menghentikan kemajuan orang lain. Biasanya orang yang bermental kepiting ini punya keadaan pikiran bahwa kemampuan mereka sulit untuk ditingkatkan. Sehingga membuat kita cenderung menghindari tantangan, mudah menyerah, dan merasa terancam dengan keberhasilan orang lain.

Oleh karena itu, alih-alih mengakui situasi dan menangani masalah sendiri, kami mencoba mengurangi kepercayaan diri kami dan menghentikan kemajuan siapa pun yang menunjukkan tanda-tanda kesuksesan. Singkatnya, orang yang jatuh ke dalam mentalitas kepiting ini akan selalu memiliki pemikiran “Jika saya tidak bisa memilikinya, mereka juga tidak bisa.”

Hal ini dilakukan karena kecemburuan dan kebencian yang diwujudkan melalui penghinaan, kritik dan tindakan jahat. Nah, itulah mengapa Anda harus berhati-hati dengan mentalitas kepiting itu. Bahaya kepiting pikiran meliputi:

  • Mentalitas kepiting dapat merusak kinerja orang lain dan membuat orang lain merasa terisolasi
  • Mentalitas kepiting dapat memperkuat emosi negatif, seperti keserakahan dan kecemburuan
  • Menyebabkan orang bertindak dengan cara yang tidak diinginkan secara sosial dan dengan demikian menolak orang lain.
  • Membuat orang yang memilikinya membuang waktu mereka untuk melakukan hal-hal yang tidak menguntungkan mereka.
  • Menghambat kemampuan individu untuk bekerja sama

Bagaimana cara menghindari mentalitas kepiting?

Kenali bahaya mentalitas kepiting, perilaku keinginan melihat orang lain berhasil
Sumber: istockphoto.com

Penting untuk disadari bahwa dalam hidup selalu ada seseorang yang lebih kaya, lebih pintar, lebih bijaksana, lebih beruntung dan mungkin jauh lebih sukses dari kita. Karena itu, jika kita terus membandingkan diri kita dengan orang lain, harga diri Anda akan terus terasa rendah.

Itulah yang ditulis Stephen Covey dalam bukunya, The 7 Habits of Highly Effective People. “Orang-orang dengan mentalitas ini cenderung melihat sesuatu dari perspektif menang-kalah. Jadi jika orang lain memilikinya, itu berarti akan ada lebih sedikit untuk saya.” Oleh karena itu, untuk menghindari mentalitas kepiting Hal ini dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut.

  1. Langkah pertama untuk menghindari mentalitas kepiting adalah dengan mengenali fakta bahwa Anda memiliki pikiran, pernyataan, atau tindakan yang ingin menghalangi kesuksesan orang lain.
  2. Kemudian cobalah untuk menyingkirkan pola pikir negatif tersebut dengan mulai menanamkan pola pikir positif, seperti berfokus pada tujuan dan kemajuan Anda sendiri.
  3. Jadikan kesuksesan orang lain sebagai pelajaran yang dapat Anda ambil untuk tumbuh.
  4. Perlakukan orang lain seperti Anda memperlakukan diri sendiri, seolah-olah Anda bahagia dengan kesuksesan orang lain dan tidak merendahkan mereka.

Nah wanita, hindari mentalitas kepiting Dalam hal ini, Anda harus menyadari bahwa masalah ini berasal dari diri Anda sendiri dan merugikan orang lain. Oleh karena itu, dengan lebih memahami mentalitas kepiting ini, semoga bisa mengontrol dan mengubah pola pikir negatif dari dalam diri kita para wanita!

Sumber: omaritani, efekiologi