hit counter

Makanan Khas Lampung Barat

Makanan khas lampung barat – Kota Liwa adalah wilayah di Lampung barat yang dikitari oleh pegunungan yang ada di serangkaian Bukit Barisan. Untuk ke arah Kota Liwa diperlukan jarak menempuh seputar 236 Km dari pusat perkotaan Bandar Lampung dan untuk meraihnya dapat memakai perjalan darat dengan waktu pintas kurang lebih 6 jam.

Sebab ada di wilayah pegunungan, Kota Liwa kerap disebutkan kota kabut, sebab nyaris tiap pagi wilayah ini terus tertutup oleh kabut. Tidak hanya populer dengan kota kabut, Liwa memiliki banyak hidangan kulineran ciri khas sebagai daya tarik tertentu untuk pelancong untuk bertandang ke ibu-kota Lampung Barat ini. 

Makanan Khas Lampung Barat

1. Gulai Taboh

Gulai Taboh

Seperti namanya, Kulineran Gulai Taboh ini ialah masakan ciri khas yang diolah dengan memakai bumbu gulai. Gulai Taboh ini banyak ditemui di Lampung, terutamanya di wilayah pesisir barat sehingga makanan Gulai Taboh ini jadi Makanan Ciri khas Liwa yang harus dicoba.

Bahan dasar pembuatan Gulai Taboh ini umumnya ialah ikan laut dan Khattak atau kacang-kacangan seperti kacang panjang atau kacang merah. Disamping itu Gulai Taboh kerap ditambah dengan rebung dan kentang menjadi pelengkap. Tidak cuman ikan laut, Gulai Taboh juga bisa memakai ayam, udang atau telur menjadi isinya.

2. Sate Tuhuk

Sate Tuhuk

Bila umumnya sate memiliki bahan dasar ayam atau kambing. Di Lampung Barat ada olahan sate sebagai Makanan Ciri khas Liwa sebab memakai bahan dasar ikan Blue Marlin. Namanya ialah Sate Tuhuk.

Pemakaian ikan Blue Marlin selaku bahan dasar sebab ikan ini dipandang mempunyai rasa yang serupa dengan ikan Salmon, disamping itu kandungan nutrisi yang tersaji di dalamnya juga banyak hingga baik sekali untuk kesehatan badan.

3. Kacang Tojin

Kacang Tojin

Kacang Tojin ialah Makanan Ciri khas Liwa Lampung barat yang lain yang dapat kamu coba. Bila dilihat sepintas, makanan kacang tojin ini serupa dengan kacang bawang. Hal yang membuat kacang tojin berlainan dengan kacang bawang ialah bahan dasarnya yang memakai kacang merah.

Dalam pembikinannya, pertama kali kacang merah dikukus. Setelah dikukus, selanjutnya kacang merah dimasak sesaat hingga warna kecoklatan. Sesudah masak, kacang selanjutnya ditambah bumbu rasa asin atau pedas.

Namun bersamaan perubahan zaman, rasa yang ada di kacang tojin juga makin bervariasi. Warga di Lampung Barat benar-benar suka jadikan Kacang Tojin menjadi cemilan sebagai teman menyeruput kopi.

4. Buak Tat, Makanan Ciri khas Liwa yang memikat

Buak Tat

Buak Tat ialah kue ciri khas lampung Barat yang paling pas jadi oleh-oleh bila bertepatan sedang berekreasi di wilayah Liwa. Buak tat ini mempunyai citarasa yang begitu manis sebab memakai selai nanas menjadi isinya.

Karena memakai selai nanas, sepintas rasa dari Buak Tat ini serupa dengan kue Nastar, namun Buak Tat ini memiliki tekstur halus dan lembek dan tidak renyah seperti Nastar.

Beberapa bahan yang dipakai dalam pengerjaan Buak Tat ini antara lain ialah tepung terigu, margarin, telur, gula dan selai nanas.

Tidak hanya untuk dimakan secara individu, warga di Liwa Lampung Barat kerap memakai Buak Tat menjadi hidangan pada acara acara atau untuk menyambut tamu saat lebaran.

5. Kue Cuchuk

Kue Cuchuk

Kulineran ciri khas Lampung Barat atau Makanan Ciri khas Liwa selanjutnya ialah Kue Cuchuk. Untuk kue yang ini memiliki bahan dasar dan mempunyai cita-rasa yang manis dan legit. Sesungguhnya di sejumlah tempat di Indonesia banyak dijumpai kue sejenis, tetapi mempunyai nama yang berbeda di setiap wilayahnya.

Yang membedakan Kue Chucuk khas Liwa dengan wilayah yang lain ialah keunikan dari Kue Cuchuk Liwa yang mempunyai bentuk bundar dan tiga lubang ditengahnya. Disamping itu warna dari Kue Chucuk Liwa ini warna coklat pekat seperti kue cucur sebab memakai gula merah sebagai bahan campurannya.

6. Kumbang Luyang

Kumbang Luyang lampung barat

Kumbang Luyang sesungguhnya ialah arti untuk kue Kembang Goyang di Lampung. Sama dengan kue Kembang Goyang dari Betawi, bahan dari pengerjaan Kumbang Luyang ialah tepung terigu yang diencerkan dan telah dicampur bahan yang lain.

Adonan selanjutnya dimasukkan pada dalam cetakan dan kemudian dimasak sampai jadi warna kecoklat-coklatan dan gurih. Di Liwa Lampung Barat, kue Kumbang Luyang biasa dibikin dengan bermacam jenis variasi rasa, seperti manis, renyah, asin, cokelat atau juga bisa dikreasi dengan bermacam jenis rasa yang lain. Tak heran kenikmatan Kumbang Loyang ciri khas ini jadi salah satunya Makanan Ciri khas Liwa yang dapat kalian coba kelezatannya.

Demikianlah makanan khas lampung barat dan kue khas lampung barat, semoga informasi ini bermanfaat.