Mengenal Balrog, Monster Di Ending Rings of Power Episode 7!

Serial The Rings of Power episode 7 akhirnya mengungkap nasib dari para karakter yang sebelumnya menyaksikan kehancuran Southland. Termasuk Ratu Miriel yang menjadi buta, Elendil yang harus kehilangan anaknya Isildur, dan Adar yang tersenyum karena kelahiran Mordor. Bersamaan dengan itu, episode kali ini juga menceritakan upaya Elrond dan Durin IV untuk mendapatkan akses ke tambang mithril. Tanpa mereka sadari, ternyata di balik keindahan mithril terdapat sosok monster mengerikan yang tengah menanti mereka.

Monster tersebut terlihat di ending episode 7, ketika Raja Durin III melihat akses baru menuju tambang mithril. Di bawah keindahan mithril yang berpijar, monster tersebut tiba-tiba muncul dari kegelapan, seperti baru terbangun dari tidurnya. Yang membuat monster ini tampak mengerikan adalah tanduk dan taringnya besar. Tubuhnya juga terlihat bisa memancarkan api, menandakan bahwa dia bukan mahkluk yang baik hati. Siapa sebenarnya monster mengerikan ini?

Iblis Api Yang Melayani Morgoth

Berdasarkan ciri-cirinya, di mana dia mempunyai tanduk besar dan terlihat memancarkan api dari dalam tubuhnya, cukup jelas bahwa monster ini adalah sejenis Balrog. Di semestanya sendiri, para Balrog sejatinya adalah roh Maiar, seperti para Istari (penyihir), yang telah eksis sebelum dunia terbentuk. Ketika Dark Lord Melkor alias Morgoth ingin menguasai dunia, dia mencoba menghasut para Maiar jahat sampai akhirnya mereka sepakat untuk membantunya. Maiar jahat inilah yang akhirnya mewujudkan diri sebagai iblis api Balrog, dan mereka bersumpah untuk setia melayani Morgoth.

Mengenal Balrog, Monster Di Ending Rings of Power Episode 7!, Greenscene

Selain mempunyai wajah mengerikan, Balrog juga umumnya mempunyai ukuran tubuh dua kali lebih besar dan lebih tinggi dari elf. Kakinya mirip seperti banteng, dan di punggungnya terdapat sayap kelelawar besar. Balrog juga bisa memancarkan api dari setiap rongga dan pori-pori di tubuhnya. Hal inilah yang membuat para Balrog sangat ditakuti pada Zaman Pertama. Apalagi mereka sering terlihat membawa cambuk atau pedang api ketika bertempur di bawah perintah Morgoth.

Menjelang runtuhnya kekuasaan Morgoth, para Balrog masih tetap setia mendampingi sang Dark Lord dalam ‘War of Wrath’. Karena lawan mereka adalah aliansi elf dan manusia yang dibantu oleh ras surgawi Valar, kubu Morgoth akhirnya kalah sekaligus menandai akhir dari Zaman Pertama. Meskipun pada titik ini sebagian besar Balrog mati, tetapi beberapa di antaranya berhasil melarikan diri dan bersembunyi di gua-gua terdalam Bumi. Salah satunya sudah pasti yang baru saja kita lihat di ending The Rings of Power episode 7.

Apakah Balrog Tersebut Durin’s Bane?

Penampilan monster Balrog sendiri sebenarnya sudah diperlihatkan sekilas di The Rings of Power episode 6. Tepatnya saat Gil-galad menjelaskan kepada Elrond, tentang nasib yang akan menimpa para elf jika tidak bisa mendapatkan mithril. Sejak saat itu tidak sedikit penggemar yang bertanya-tanya, apakah Balrog di serial The Rings of Power adalah Durin’s Bane. Untuk menyegarkan ingatan kita, Durin’s Bane sendiri adalah Balrog yang sempat terlihat di film The Lords of the Rings. Di mana dia berusaha menghentikan Gandalf dan Fellowship of the Ring saat mencoba melewati Khazad-dum.

Mengenal Balrog, Monster Di Ending Rings of Power Episode 7!, Greenscene

Menurut novel asli The Lords of the Rings, Durin’s Bane baru menampakan diri sekitar dua ribu tahun setelah Zaman Kedua berakhir. Kemunculannya bermula dari keserakahan para dwarf yang terus menerus menambang mithril di Khazad-dum sampai akhirnya membangunkan Durin’s Bane. Kemunculan pertamanya pada Zaman Ketiga ini telah menewaskan banyak dwarf dan membuat kerajaan Khazad-dum hancur untuk selamanya. Nama Durin’s Bane sendiri disematkan padanya karena dia telah membunuh Raja Durin VI. Berdasarkan hal ini seharusnya dia belum seharusnya muncul di serial The Rings of Power.

Kemungkinan besar yang muncul di ending The Rings of Power episode 7 adalah Balrog yang lain, bukan Durin’s Bane. Karena dia sudah menampakan diri pada Zaman Kedua, tidak seperti Durin’s Bane yang baru muncul pada Zaman Ketiga. Kecuali, jika serial The Rings of Power akan menceritakan kisah baru yang sebelumnya tidak ada di novel The Lords of the Rings. Kita lihat saja nanti seperti apa kebenarannya ya, Geeks. Semoga saja kita bisa segera mendapatkan jawabannya di The Rings of Power episode terakhir, yang akan tayang pada tanggal 14 Oktober besok.



Source by [author_name]

Tinggalkan komentar