Simak tren transaksi produk digital Tokopedia beberapa tahun terakhir

Selain pasar, perusahaan teknologi Indonesia, Tokopedia, juga memfasilitasi penjualan atau pembayaran lebih dari 40 produk digital, seperti pulsa, paket data, BPJS, listrik, air, retribusi, pendidikan, penerimaan negara, dll, hingga menghemat waktu konsumen.

“Khusus untuk biaya kuliah dan penerimaan negara, Tokopedia mengalami peningkatan transaksi lebih dari dua kali lipat selama setahun terakhir,” kata Yosep Aditya Susanto, Head of Sales Development and Operations Tokopedia (barang digital).

Yosep menambahkan, “Kedua produk digital ini harus terus membantu menjaga kelangsungan pendidikan dan mempermudah akses masyarakat terhadap pelayanan publik serta meningkatkan penerimaan negara.”

Produk digital Tokopedia, Cost of Education, telah terkoneksi dengan 6.000 institusi pendidikan. “Setahun terakhir, Kabupaten Wajo (Sulawesi Selatan), Aceh Barat (Aceh), Padang Pariaman (Sumatera Barat) dan Mahakam Ulu (Kalimantan Timur) menjadi beberapa daerah yang biaya sekolahnya lebih tinggi.

Pada periode yang sama, sejumlah daerah dengan transaksi penerimaan negara tertinggi antara lain Kabupaten Bombana (Sulawesi Tenggara), Timor Tengah Utara dan Konawe (Sulawesi Tenggara), Pulang Pisau (Kalimantan Tengah) dan Lombok Utara (Nusa Tenggara Barat), ” tambah Yosep.

Jumlah pengguna produk pajak hampir tiga kali lipat pada paruh pertama tahun 2022, dibandingkan periode yang sama pada tahun 2021.

"Tokopedia"

Tokopedia menjadi perusahaan teknologi Indonesia pertama yang menghadirkan produk digital untuk otoritas pajak. Produk ini diluncurkan pada Agustus 2019 bekerja sama dengan Dirjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Selain “biaya pendidikan” dan “penerimaan negara”, produk digital Tokopedia juga menyertakan fitur pembayaran E-Samsat dan PBB. Selama setahun terakhir, transaksi melalui produk digital E-Samsat dan PBB masing-masing meningkat sekitar 1,5 kali lipat.

Wilayah Kutai Kartanegara (Kalimantan Timur), Medan (Sumatera Utara), Trenggalek (Jawa Timur), Sampang (Jawa Timur), Balikpapan (Kalimantan Timur) merupakan wilayah dengan peningkatan transaksi ‘E-Samsat’ tertinggi selama periode tahun lalu, dibandingkan tahun sebelumnya.

Sedangkan pada periode yang sama, Kabupaten Kediri (Jawa Timur), Bojonegoro (Jawa Timur), Pangkal Pinang (Kepulauan Bangka Belitung), Malang (Jawa Timur) dan Makassar (Sulawesi Selatan) termasuk daerah dengan peningkatan transaksi “PBB”.

“Kami menyambut antusias masyarakat yang besar terhadap produk digital di Tokopedia. Kami berharap puluhan produk digital kami dapat terus memudahkan masyarakat Indonesia dalam memenuhi kebutuhannya,” tutup Yosep.

Baca juga: Begini Cara Menggunakan Pengingat Peregangan Leher di Galaxy Buds2 Pro

Leave a Comment