10 Cerita Kontroversial Marvel ini Dihapus dari Canon!

Marvel Comics adalah komik Amerika yang sejarahnya terbentang dari tahun 1939 sampai sekarang. Selama lebih dari delapan puluh tahun, Marvel telah menyajikan banyak sekali kisah menarik dari para karakternya. Di mana tidak jarang kisah tersebut justru saling tumpang tindih karena ada banyak sekali penulis yang terlibat dalam pengembangannya. Hal inilah yang kemudian mendorong Marvel untuk menghapus status canon (utama) dari beberapa kisah kontroversialnya. Berikut ini sepuluh cerita kontroversial yang akhirnya Marvel hapus dari canon.

BACA JUGA: Marvel Bunuh Permanen 10 Karakter ini!

Bishop Sebagai Villain

Bishop adalah salah satu mutan penjelajah waktu yang telah berhasil menyelamatkan para mutan dari pembantaian Onslaught. Namun di komik solo Cable pada tahun 2008, dia terlihat menjadi villain yang mengejar Cable dan Hope Summers. Seakan masih belum cukup untuk menyatakan betapa jahatnya Bishop, Marvel lantas menceritakan dia memasang bom nuklir untuk menghancurkan Bumi. Hal ini tentu saja membuat para penggemar marah dengan apa yang terjadi. Banyak penulis yang mencoba menghapus kejahatan Bishop ini, tetapi penggemar cukup kesulitan untuk melupakannya.

Contest of Champions

Marvel Super-Heroes: Contest of Champions adalah komik yang bercerita tentang superhero bernama Shamrock. Pertama kali muncul pada tahun 80-an, Shamrock adalah superhero Irlandia yang membawa banyak jiwa orang mati di dalam tubuhnya. Karena hal tersebutlah dia menjadi sosok yang selalu beruntung. Sayangnya, pada saat itu banyak penggemar yang merasa kemunculan Shamrock terlalu dipaksakan. Apalagi dengan nama dan juga kostum yang sama sekali tidak berhubungan dengan kekuatannya. Dari sinilah Marvel kemudian memutuskan untuk menghapus kisahnya dari canon sampai sekarang.

Heroes Reborn

Pada tahun 90-an, Marvel Comics pernah mencoba mengangkat popularitas para superhero yang sebelumnya kurang begitu terkenal. Salah satu upaya ekstremnya adalah dengan menceritakan bahwa Avengers dan Fantastic Four terjebak di sebuah pocket universe dan menghilang. Hal ini sengaja mereka lakukan agar perhatian penggemar beralih kepada para superhero lain yang pada saat itu kurang populer. Sayangnya, rencana ini gagal total dan membuat mereka menyerah dengan rencananya. Cerita yang telah mereka bangun selama kurang lebih setahun, akhirnya menjadi non-canon karena alasan tersebut.

BACA JUGA: Para Avengers ini Berkhianat Jadi Villain!

Kehamilan Captain Marvel

Di komik Avengers #200, Carol Danvers alias Captain Marvel diceritakan mengalami sebuah kejadian tak terduga yang sebenarnya tidak terlalu penting untuk cerita. Di mana ada seorang villain bernama Marcus yang mengendalikan pikirannya, kemudian malakukan rudapaksa sampai akhirnya Captain Marvel hamil. Mirisnya, ternyata anak yang nantinya dia lahirkan adalah orang yang telah menghamilinya melalui perjalanan waktu. Merasa bahwa kisahnya terlalu kontroversial, Marvel kemudian menghapus kisah perjalanan waktunya dan menjadikan Captain Marvel sebagai anggota X-Men untuk sementara waktu.

Kematian Jean Grey

Kematian Jean Grey di klimaks The Dark Phoenix adalah salah satu kisah X-Men yang paling kontroversial di kalangan penggemar. Karena pada saat itu Marvel jarang sekali menceritakan kematian superheronya. Kematian Jean di kisah ini sebenarnya dimaksudkan untuk permanen. Namun karena banyak penggemar yang protes, mereka kemudian menceritakan kisah baru di mana Jean tengah melakukan hibernasi di Jamaica Bay. Sampai sekarang, Jean dalam keadaan sehat dan malah menjadi salah satu anggota terkuat X-Men yang benama Marvel Girl.

KE HALAMAN 2




Source by [author_name]

Tinggalkan komentar