Ternyata Mudah Cara Cek BPOM Asli Atau Palsu

Gogandul.com ♠ Cara Cek BPOM Asli Atau Palsu ternyata mudah, Dengan semakin berkembangnya dunia usaha saat ini ternyata membuat dampak banyak sekali produk – produk yang dipasarkan secara bebas di marketplace, baik secara offline ataupun online. Berbagai makanan instan, obat-obatan, kosmetik dan lain-lain semua ada di pasaran tanpa kita tahu sebenarnya kualitas dari produk tersebut.

Apalagi dengan banyaknya penipu yang berjualan di berbagai media sosial seperti facebook, grup whats app, telegram tidak menutup kemungkinan kita mendapatkan produk palsu terutama adalah produk kosmetik untuk wanita.

Kalau kita asal membeli produk palsu tentu akan menimbulkan banyak dampak negatif untuk kulit dan bisa menyebabkan kerusakan kulit dan bisa berujung fatal karena kita tidak tahu bahan yang terkandung didalam obat kosmetik ternyata berbahaya.

Agar kita tidak mendapatkan dampak yang buruk maka alangkah baiknya kita mengecek keaslian produk sebelum menggunakan produk tersebut, kita perlu mengecek apakah produk tersebut sudah ada izin dari Badan POM  atau Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)

BPOM adalah Badan Pengawas Obat dan Makanan milik pemerintah yang tugasnya mengawasi dan menentukan dari sebuah produk apakah produk tersebut aman atau tidak. Setiap produk makanan, obat-obatan, kosmetik sudah seharusnya terdaftar di BPOM.

Cara Cek BPOM Asli Atau Palsu

Untuk mengecek produk tersebut sudah terdaftar di BPOM atau belum dan apakah produk tersebut asli atau palsu ternyata sangat mudah, kamu hanya butuh nomor badan POM tersebut atau nama merk/ nama produk.

Ikuti langkah-langkahnya berikut ini :

  1. Buka Browser di Android (browser bawaan, mozilla firefox, google chrome atau yang lainnya)
  2. Buka alamat situs ini http://cekbpom.pom.go.id/Cek Bpom Asli Atau Palsu
  3. Setelah halaman utama terbuka silahkan pada kolom “cari berdasarkan” pilih nomor registrasi atau nama produk
  4. Isilah NOMOR REGISTRASI yang ada pada kemasan produk dengan nomernya saja yang tertera di kemasan produk atau isilah NAMA PRODUK kalau pada kolom “cari berdasarkan” kamu memilih nama produk
  5. Setelah itu klik CARICek Bpom Asli Atau Palsu

Jika kamu menemukan hasil dari pencarian tersebut maka sudah bisa dipastikan bahwa memang produk tersebut  terdaftar di BPOM, dan keasliannya tidak diragukan lagi, namun jika tidak ada hasilnya itu berarti BPOMnya palsu ya.

BPOM juga sudah mempunyai aplikasi android yang bisa kamu download di Playstore, kamu bisa mendownloadnya melalui link ini https://play.google.com/store/apps/details?id=cekbpom.pom.app&hl=en

Kamu tinggal install aplikasinya dan masukkan nomor registrasi produknya nanti akan terlihat keaslian atau palsu dari suatu produk.

Berikut ini Arti Kode Produk BPOM

Cara Cek Bpom Asli Atau Palsu

Cara Membaca Kode Produk BPOM

Cara Cek Bpom Asli Atau Palsu

Itulah cara cek BPOM asli atau palsu, kalau kamu ragu dengan suatu produk alangkah baiknya mengeceknya terlebih dahulu, semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Blogger Pemula yang suka main PES 2017