Rings of Power: Halbrand adalah Sauron?

Serial The Rings of Power telah memasuki minggu keenam penayangannya, dengan episode 7 yang akan tayang pada hari Jum’at besok. Minggu lalu, episode 6 yang berjudul ‘Udun’ telah memperlihatkan pertempuran antara pasukan Numenor dan orc di Southland. Saat pertempuran tengah berlangsung, terungkap bahwa ternyata Halbrand mempunyai ‘dendam’ kepada pemimpin orc Adar yang mengaku telah membunuh Sauron. Berdasarkan hal tersebut, tidak sedikit penggemar yang mencurigai Halbrand sebagai Sauron.

Sejak awal, kemunculan Halbrand memang sangat misterius, begitu juga dengan asal usulnya. Secara fisik dia memang terlihat seperti manusia pada umumnya. Namun, hubungannya dengan Southland justru membuat banyak penggemar bertanya-tanya tentang masa lalunya. Ketika terakhir kali terlihat di episode 6, Halbrand bersikukuh bahwa Adar pernah melakukan sesuatu kepadanya. Di sisi lain, Adar malah sama sekali tidak mengenalnya, setidaknya dengan tampilannya yang sekarang. Apakah benar Halbrand adalah penyamaran Sauron versi manusia?

Petunjuk Halbrand Adalah Sauron

Halbrand adalah karakter original The Rings of Power yang Amazon ciptakan agar serialnya menjadi lebih menarik. Novel asli The Lords of the Rings karya J.R.R. Tolkien tidak pernah memperkenalkan karakter yang mirip seperti Halbrand pada Zaman Kedua. Hal yang sama juga terjadi dengan nasib Sauron yang di serial ini diceritakan menghilang atau mati dibunuh Adar. Sebelumnya Tolkien juga tidak penah menceritakan bahwa Sauron pernah menyamar sebagai seorang manusia. Walaupun begitu, setidaknya ada beberapa petunjuk yang mengarah pada jati diri Halbrand sebagai Sauron di serial The Rings of Power.

Rings of Power: Halbrand adalah Sauron?, Greenscene

Yang pertama adalah pengungkapan tentang status Halbrand sebagai pewaris King of Southland. Semuanya bermula saat Galadriel mengunjungi sel Halbrand di Numenor dan melihat dia mengenakan kalung yang melambangkan seorang raja dari Southland. Galadriel yang merasa yakin dengan status Halbrand tersebut bahkan sampai meyakinkan Ratu Miriel agar mau bertempur di Southland dan kembali menjadikan Halbrand sebagai raja. Namun, jika benar dia adalah ‘raja yang hilang’, siapa rakyatnya? Garis keturunannya dari mana? Tidak masuk akal jika statusnya hanya ditetapkan berdasarkan sebuah kalung.

Misteri kalung tersebut malah membuat karakter Halbrand makin misterius. Jika Halbrand adalah Sauron, dia bisa saja mencuri atau menemukan kalung tersebut dan menggunakannya untuk memanipulasi Galadriel secara diam-diam. Petunjuk kedua, Halbrand cukup mahir dalam bertarung, dia juga mampu menempa pedang, serta pandai menarik perhatian Galadriel. Berbagai kemampuan Halbrand tersebut mirip seperti Sauron di novelnya. Yang hebat dalam pertempuran, bisa menempa One Rings sendirian, serta pandai menarik perhatian Celebrimbor agar mau membuatkannya Rings of Power.

Sauron Akan Segera Ungkap Wujud Aslinya?

Jika benar Halbrand adalah penyamaran Sauron, bukan tidak mungkin kita akan melihat pengungkapan jati diri Sauron di dua episode terakhir The Rings of Power. Sebelumnya Adar sempat mengaku kepada Galadriel bahwa dia adalah orang yang membunuh Sauron sebelumnya. Hal tersebut bisa terjadi karena Adar tidak tahan melihat Sauron terus menerus melakukan eksperimen berdarah kepada orc yang sudah dia anggap sebagai anak-anaknya. Saat Sauron tengah fokus bereksperimen untuk menciptakan orc yang lebih hebat, Adar menusuknya dari belakang dan membelah tubuhnya.

Rings of Power: Halbrand adalah Sauron?, Greenscene

Faktanya, Sauron adalah seorang makhluk surgawi Maiar yang tidak akan mati meskipun dibunuh berkali-kali. Saat tubuh fananya hancur atau terbunuh, dia akan mencari jalan untuk bangkit kembali dengan wujud baru. Sauron mungkin saja menyamar sebagai manusia bernama Halbrand karena dia masih membutuhkan waktu untuk memulihkan kekuatannya. Sambil melakukan hal tersebut, dia bisa memanipulasi orang-orang termasuk Galadriel agar mau membawanya kembali ke Southland dan mengalahkan Adar yang mengambil takhtanya.

Di ending episode 6 kemarin, kehancuran Southland telah mengisyaratkan kelahiran Mordor, markas Sauron di Middle-earth. Dengan kalahnya Adar dan kemunculan Mordor, serta kehancuran telak untuk pasukan Numenor dan Galadriel, sekarang adalah saat yang tepat bagi Sauron untuk muncul di dua episode terakhir The Rings of Power. Dan para penggemar tidak akan terlalu terkejut jika ternyata selama ini dia bersembunyi di balik identitas Halbrand. Bagaimana menurut kalian, Geeks? Kebenarannya hanya akan segera terungkap saat The Rings of Power episode 7 dan 8 rilis di HBO.



Source by [author_name]

Tinggalkan komentar